UPPKS Gn. Pangilun Studi Komparatif ke Padang Panjang

Berok Gunung Pangilun
Dipublikasi pada 27 December 2018

Deskripsi

Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kampung KB Berok Madani, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang studi komparatif ke sentra UMKM Kota Padang Panjang, Rabu (26/12/2018). Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan bagi para kader UPPKS dalam pengolahan dan pemasaran produk.
Kunjungan yang dipimpin Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir itu mendapat respon yang baik dari Walikota Padang Panjang, Fadly Amran. Pihaknya langsung merekomendasikan melalui dinas terkait untuk mengunjungi beberapa tempat. Diantara tempat yang dikunjungi yaitu,Sentra Pengolahan Kulit Minang Kayo dan Pengolahan Kripik Taleh Dessy.
Menurut Lurah Gunung Pangilun, banyak pelajaran yang diambil dari kunjungan ini. Selain membuka wawasan, kelompok UPPKS dapat menggali kiat-kiat pengolahan hingga pemasaran dari produk kerajinan. Nantinya dapat diterapkan oleh para kader ketika mengelola usaha sendiri.
"Banyak manfaat dan pelajaran yang diambil dari kunjungan ini. Para kade dapat belajar cara pengelolaan hingga kiat pemasaran," kata Andi Amir.
Lurah Andi Amir menambahkan, selain itu dengan kunjungan ini terjalin relasi antara para kader UPPKS Gunung Pangilun dengan pelaku usaha setempat. Ada komitmen untuk kesediaan memberikan pembinaan, bahkan membangun kemitraan usaha.
"Selain itu, kita bisa membangun relasi dengan pelaku usaha Kota Panjang yang sudah berhasil," tukasnya.
Sebaliknya, dari jajaran instansi Pemko Padang Panjang juga mengutarakan surprisenya kedatangan rombongan UPPKS Kampung KB Berok Madani Gunung Pangilun dan mengutarakan minatnya untuk mempelajari lebih jauh tentang Kampung KB. Seperti diketahui Kampung KB Gunung Pangilun merupakan Kampung KB percontohan Sumatera Barat yang sukses membangun kawasan tertinggal menjadi kawasan yang meningkat kesejahteraannya.
Dalam rombongan UPPKS tersebut turut serta Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Gunung Pangilun M. Nazir dan Tim Pendamping UMKM dan Widia Gustina
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan