Gumulan Berqurban, Semangat Membangun Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Agung

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 11 August 2019

Deskripsi

Selain ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, ibadah qurban juga memiliki faktor hablumminannas yakni memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat lingkungan sekitar. Salah satu makna yang paling dalam dari ibadah qurban adalah sebagai bentuk penghambaan kepada Allah Subhanahu wata’ala dengan membahagiakan sesama. Qurban adalah bentuk keshalehan sosial dimana Shohibul Qurban akan merasakan indahnya berbagi dengan masyarakat sekitar. Hal ini tak lepas dari arti kata qurban tersendiri dimana berarti ‘mendekat’. Qurban akan mendekatkan secara emosional bagi si kaya atau si miskin dengan sama-sama merasakan santapan qurban di hari raya Idul Adha.
Sebagai bentuk ketakwaan dan keharmonisan warga masyarakat Dusun Gumulan juga melaksanakan ibadah Qurban di hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Berikut ini adalah shohibul qurban Dusun Gumulan khususnya RT 01 dan RT 02 :
Shohibul Qurban Sapi
1. Ibu Murtini
2. Bapak Murgono, S.Pd.
3. Bapak Larmiyanto
4. Bapak Suyono
5. Bapak Yoyok
6. Bapak Suyatno
7. Bapak Haryanto
Shohibul Qurban Kambing
1. Bapak Puji Wiyono
2. Bapak H. Suwito
3. Bapak Heri Prajoko
4. Ibu Kukiyem
5. Ibu Sajem
6. Bapak Parjiyo
7. Bapak Sumarjo
8. Ibu Suparti
adapun perolehan daging sapi adalah 140 kg dan kambing 82,25 kg, dan seluruh daging qurban tersebut telah di distribusikan kepada masyarakat Gumulan khususnya RT 01 dan RT 02 jamaah Masjid Al Ichlas Gumulan. Atas nama seluruh warga masyarakat Gumulan, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Shohibul Qurban, semoga amal ibadah Qurban ini diterima Allah SWT. Aamiin
Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Dusun Gumulan ini juga mendapat kunjungan tim dari Fakultas Kesehatan Hewan UGM, dalam hal ini diwakili oleh Mbak Intan dan Mbak Risma. Dengan ramah panitia Qurban yang berlokasi di Masjid Al Ichlas dan Rumah Dukuh Gumulan ini menyambut tim tersebut. Dan dalam pemantauannya pun diperoleh data bahwa hewan qurban di Dusun Gumulan dinyatakan sehat, dan tidak ditemukan permasalahan dalam pelaksanaan qurban, baik teknis maupun kesehatan hewan qurbannya.


Dokumentasi selengkapnya bisa di lihat di Web Kampung KB Gumulan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan