Kampung KB Gumulan Ikut Memeriahkan Gelar Budaya Desa Caturharjo Tahun 2019

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 28 August 2019

Deskripsi

Gumulan [30/08/2019] Gelar Budaya Desa merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanak oleh Pemerintah Desa Caturharjo. Gelar Budaya Desa ini berisikan kegiatan penampilan maupun pementasan potensi kesenian kebudayaan di wilayah Desa Caturharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul.
Pada tahun 2019 ini kegiatan Gelar Budaya Desa Caturharjo dilaksanakan pada hari Selasa 27 Agustus 2019 sampai dengan hari Kamis, 29 Agustus 2019. Adapun pementasan kesenian dusun digelar pada hari Selasa 27 Agustus dan Rabu 28 Agustus, sementara itu khusus pada hari Kamis, 29 Agustus 2019 merupakan penutupan atau puncak acara Gelar Budaya Desa Caturharjo dengan menampilkan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Geter Pramuji Widodo, dengan lakon Kumbokarno Kalajaya.
Sebagai bentuk dukungan pelaksanakan Gelar Budaya Desa Caturharjo ini, Dusun Gumulan turut andil dalam memeriahkan kegiatan tersebut. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan mengirimkan salah satu kontingen untuk ikut dalam pementasan kesenian. Siswa - siswi SD Gumulan dipercaya untuk tampil dan memeriahkan Pagelaran Kesenian di malam kedua hari Rabu, 28 Agustus 2019.
Bentuk kesenian yang ditampilkan oleh siswa-siswi SD Gumulan ini adalah Langen Carita dengan mengambil cerita Cinde Laras, salah satu cerita rakyat yang sudang sangat familiar dimata masyarakat. Tema ini sangat menarik dan cocok untuk anak-anak karena mengandung unsur-unsur pesan moral yang sangat positif bagi anak usia sekolah.

Dokumentasi lainnya di Web Kampung KB Gumulan
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan