Manfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Kebun Taman Gizi, Kampung KB Gumulan Berinovasi

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 11 October 2019

Deskripsi

Gumulan [11/10/2019] Pekarangan rumah yang masih kosong, biasanya hanya akan dibiarkan begitu saja, bahkan mungkin ada yang terkesan begitu semrawut dengan tanaman rumput liar dan juga mungkin sampah dedaunan yang berserakan. Namun dengan adanya sedikit sentuhan, pekarangan yang tadinya terlihat semrawut bisa diubah menjadi sebuah taman yang enak dipandang dan juga memberikan manfaat bagi pemiliknya.
Salah satu program kegiatan yang sedang digalakan di Kampung KB Gumulan adalah dengan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai kebun taman gizi bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang ada ini, masyarakat diharapkan dapat memenuhi sendiri kebutuhan gizi keluarga. Setidaknya ini akan mengurangi biaya pengeluaran untuk belanja sayuran bagi masyarakat.
Sebagai tahap awal sekaligus uji coba pengelolaan pekarangan sebagai taman gizi masyarakat Kampung KB Gumulan bekerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan membangun sentra taman gizi ini di Rumah Ibu Boniyem RT 02 Dusun Gumulan. Tanah pekarangan rumah yang semula belum termanfaatkan dengan baik sekarang telah diolah dan tata hingga menjadi taman gizi. Dengan harapan taman gizi ini dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat pada saat pelaksanaan PMT dan Posyandu.

Simak dokumentasi lengkapnya di Web Kampung KB Gumulan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan