Kelas Hipertensi Kampung KB Gumulan, Bersama Menjaga Kesehatan Masyarakat

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 10 October 2019

Deskripsi

Gumulan [12/10/2019] Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi seperti ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, sehingga dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.
Tekanan darah tinggi ini sering tidak diketahui penyebabnya. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi, di antaranya:
Kehamilan
Kecanduan alkohol
Penyalahgunaan NAPZA
Gangguan ginjal
Gangguan pernapasan saat tidur.
Walaupun tekanan darah tinggi ini bisa terjadi pada semua orang, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, seperti:
Lanjut usia
Memiliki keluarga yang menderita hipertensi
Memiliki kebiasaan merokok
Jarang berolahraga.
Pengobatan dan Pencegahan Hipertensi
Untuk menjaga kesehatan masyarakat akan dampak dan resiko hipertensi atau darah tinggi ini Pokja Kampung KB Gumulan bekerjasama dengan Puskesmas Pandak II mengadakan kelas Hipertensi. Kelas Hipertensi ini dilaksanakan setiap tanggal 10 tiap bulannya. Untuk kelas hipertensi kali ini dilaksanakan di Rumah Dukuh Gumulan, Kamis [10/10/2019].


Simak dokumentasi lainnya di Web Kampung KB Gumulan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan