Penyuluhan Leptospirosis dan Pertemuan PKK Dusun Gumulan

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 04 November 2019

Deskripsi

Gumulan [04/11/2019] Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Beberapa jenis hewan yang dapat menjadi pembawa leptospirosis antara lain anjing, hewan pengerat seperti tikus, dan kelompok hewan ternak seperti sapi atau babi. Bakteri tersebut dapat bertahan hidup dalam ginjal hewan yang terinfeksi.
Aadapun Leptospirosis ini dapat menyerang manusia melalui paparan air atau tanah yang telah terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri leptospira. Penyakit infeksi bakteri ini banyak terjadi di daerah yang terkena banjir maupun area persawahan. Leptospirosis juga rentan menyerang orang-orang yang biasa kontak dengan hewan tersebut.
Penyuluhan ini disampaikan oleh Puskesmas Pandak II dalam pertemuan PKK Dusun Gumulan yang dilaksanakan di Rumah Ibu Ngajiyem Gentan RT 03 Gumulan. Hal ini sesuai dengan geografis wilayah Dusun Gumulan yang merupakan wilayah dengan pencaharian mayoritas warga sebagai petani. 

Selengkapnya di Web Kampung KB Gumulan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan