Kebun Taman Gizi I Kampung KB Gumulan Panen Kangkung

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 04 February 2020

Deskripsi

Gumulan - Selasa Kliwon [04/02/2020] Setelah sukses melaksanakan gerakan 4000 Jogangan, Pemerintah Desa Caturharjo melanjutkan programnya dengan gerakan 77 Rumah Kumpul Sampah. Gerakan 77 Rumah Kumpul Sampah inipun ternyata mendapat sambutan yang baik oleh masyarakat Desa Caturharjo Pandak, yang mana gerakan ini pun dilanjutkan dengan gerakan puncak Gerakan 14 Dusun Sayur Desa Caturharjo.
14 Dusun Sayur ini merupakan bentuk implementasi dari pengelolaan sampah organik dan non organik di Desa Caturharjo, Sampah sampah non organik akan dikumpulkan di Rumah Kumpul Sampah yang selanjutnya akan diangkut ke Rumah Pilah Sampah Desa Caturharjo Pandak. Sementara sampah-sampah organik yang sudah dimasukan dalam jogangan ini akan diolah menjadi media tanam yang baik bagi sayur mayur masyarakat Desa Caturharjo Pandak.
Gerakan 14 Dusun Sayur ini juga merupakan salah satu bentuk tindakk lanjut dari pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Dengan gerakan ini diharapkan tidak ada lagi lahan pekarangan yang nganggur di wilayah Desa Caturharjo.
Kampung KB Gumulan merupakan salah satu dusun dari 14 Dusun di Desa Caturharjo Pandak yang sudah siap untuk mendukung gerakan 14 Dusun Sayur tersebut. Hal ini dimulai dengan pembuatan 2 titik kebun taman gizi di Kampung KB Gumulan. Selain dua titik tersebut masyarakat pun sudah mulai untuk bersayur di pekarangan rumah masing masing.
Sebagai bentuk dukungan tersebut Kampung KB Gumulan mendeklarasikan diri sebagai Kampung Sayur Kacang Panjang. Dengan demikian selain dikenal sebagai Kampung KB Gumulan, Dusun Gumulan juga disebut sebagai Dusun Sayur Kacang Panjang di Desa Caturharjo Pandak.
Berikut ini salah satu lokasi kebun taman gizi Kampung KB Gumulan. Kondisi saat panen Kangkung di Kebun Taman Gizi 1. Walaupun menobatkan diri sebagai Dusun Sayur Kacang Panjang, Masyarakat juga tetap menanam sayuran lain sebagai pendukungnya, mulai dari kangkung, sawi, bayam, tomat, cabai, trememes/gambas, dll.

Selengkapnya di Web Kampung KB Gumulan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan