Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Pokdarwis Pokja KKB Gumulan Siap Bekiprah

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 04 February 2020

Deskripsi

Gumulan - Selasa Kliwon [04/02/2020] Pariwisata merupakan salah satu dari sekian jenis usaha peningkatan perekonomian berbasis masyarakat Desa. Terbukti dengan banyaknya desa yang mengembangkan wisata desa dan desa wisata yang sukses meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Hal itu tak lepas dari peran serta dari Pokdarwis.
Kelompok Sadar Wisata yang dikenal dengan sebutan Pokdarwis adalah lembaga yang didirikan oleh warga masyarakat Desa yang beranggotakan para pelaku pariwisata yang memiliki kepedulian tinggi dan tanggungjawab sekaligus sebagai penggerak pariwisata.
Pokdarwis ini bergerak secara swadaya, yang artinya pengembangan pariwisata di Desa tersebut bersumber dari kekuatan dan kemampuan Desa. Untuk itulah perlu diadakannya pembinaan-pembinaan untuk membentuk pokdarwis yang betul-betul berkualitas.
Salah satu hal yang harus diantisipasi sejak awal dalam pengelolaan Wisata Desa dan Desa Wisata adalah managemen keuangannya. Untuk itu Pemerintah Desa Caturharjo mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Pokdarwis hari ini Selasa Kliwon [04/02] di Pendopo Balai Desa Caturharjo.
Sebagai narasumber Camat Pandak Kusmardiono, S.Sos, M.Acc. dan Kepala Seksi Kelembagaan Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Karman, A.Md. menyampaikan banyak hal terkait dengan pengelolaan keuangan bagi Pokdarwis dalam mengelola Wisata Desa dan Desa Wisata.
Dalam hal pengelolaan keuangan hal terpenting adalah Akuntabilitas dan Transparan. Artinya pengelolaan keuangan haruslah dapat dipertanggungjawabkan dan juga dilakukan secara transparan dan terbuka.
Sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Wisata Desa dan Desa Wisata Caturharjo ini perwakilan Pokja Kampung KB Gumulan yang tergabung dalam Pokdarwis Desa Caturharjo ikut hadir dan mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Pokdarwis Desa Caturharjo.
Kampung KB Gumulan siap berkiprah dalam membangun Wisata Desa dan Desa Wisata Caturharjo. Hal ini sudah disampaikan Dukuh Gumulan dalam berbagai kesempatan dan pertemuan di tingkat dusun.

Selengkapnya di Web Kampung KB Gumulan
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan