Pokja Kampung KB Gumulan Hadiri Pra Musdes Data PBI JKN dan DTKS Desa Caturharjo

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 17 March 2020

Deskripsi

Kampung KB Gumulan - Kamis Wage [19/03/2020] Pokja Kampung KB Gumulan yang diwakili oleh Ketua Pokja dan Sekretaris menghadiri Pra Musyawarah Desa Data PBI JKN (Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional) dan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Pendopo Desa Caturharjo pada Selasa Pahing [17/03].
Kegiatan Pramusdes ini dihadiri oleh Pamong Desa Caturharjo, Pendamping TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan), Pendamping TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan), Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) Kecamatan Pandak, Dukuh, Kader, Fasilitator SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) dan BPD Desa Caturharjo.
Dalam kegiatan pramusdes ini dilakukan pembahasan tentang validasi data BDT (Basis Data Terpadu) yang menjadi dasar penerima PBI.
Pendamping TKPK dan TKSK menjelaskan bahwa tujuan dari proses Verval BDT adalah untuk mendapatkan data yang sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga bantuan program pemberdayaan warga miskin akan tepat sasaran dan pada akhirnya mampu untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan.
Sementara itu Pendamping PKH juga menjelaskan bahwa pendamping telah melakukan berbagai upaya agar program PKH tepat sasaran. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan graduasi secara alami maupun mandiri. Graduasi alami merupakan peserta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang otomatis keluar karena sudah tidak mempunyai komponen sebagai KPM.
Sedangkan graduasi mandiri peserta KPM mengundurkan diri karena ekonomi sudah mampu. Di Desa Caturharjo KPM yang sudah melakukan graduasi mandiri sebanyak 34 KPM.

Selengkapnya di Web Kampung KB Gumulan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan