Pengurus Pokja KKB Gumulan, Ikut Aktif Dalam Pembentukan Pokdarwis Desa Caturharjo

Gumulan, Desa Caturharjo
Dipublikasi pada 21 May 2019

Deskripsi

Gumulan [21/05/2019] Pengurus Pokja Kampung KB, Ikut Hadir Dalam Sosialisasi dan Tindak Lanjut Pembentukan POKDARWIS Desa Caturharjo. POKDARWIS merupakan akronim dari Kelompok Sadar Wisata. Pokdarwis sangat perlu untuk dibentuk di Desa Caturharjo. Hal ini dikarenakan Desa Caturharjo memiliki potensi wisata yang terpendam.
Potensi Wisata Desa Caturharjo ini memang sangat perlu untuk dikembangkan, mulai dari potensi alam desa yang cukup mendukung terutama di Dusun Gluntung Lor, Banyuurip, Gumulan dan Bogem, Wisata kuliner dan ekonomi kerakyatan di Dusun Tegallayang 9, Tegallayang 10, Samparan, Wisata Budaya di Dusun Gumulan, Korowelang, Tunjungan, Tegalsempu dan Bogem. Dan Dusun -Dusun yang lain diwilayah Desa Caturharjo ini tak luput dari potensi wisata yang masih terpendam.
Untuk itulah peran pokdarwis sangat diperlukan, demi mewujudkan Desa Wisata Caturharjo. Yang mana untuk tahap awal dari pewujudan desa wisata di Caturharjo ini adalah dengan pembangunan Telaga Desa yang rencananya akan dibangun di Dusun Banyuurip.
Gadung Mlathen adalah nama calon lokasi Telaga di Dusun Banyuurip, area yang sangat potensial untuk dijadikan sentra pariwisata alam, di Desa Caturharjo. Tempat ini berada di sebelah Utara Dusun Gumulan, sehingga Dusun Gumulan juga akan terkena dampak secara langsung dari pembangunan ini.
Selain itu di Dusun Gumulan sendiri juga memiliki potensi wisata alam yang masih asri, Watu Kemloso nama area yang sangat potensial untuk pembangunan pariwisata di Dusun Gumulan yang saat ini telah di tunjuk sebagai Kampung KB Gumulan. Area lokasi pegunungan yang memiliki plataran luas asli batu kapur ini memiliki suasana malam yang cantik dan cocok untuk kegiatan camping ground.
Sosialisasi tindak lanjut pembentukan Pokdarwis Desa Caturharjo ini dihadiri oleh Lurah, Pamong Desa Caturharjo beserta tokoh masyarakat serta didampingi oleh Pendamping Kecamatan Pandak. Dan sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan juga Pendamping Propinsi DIY.
Hangat dan antusias terlihat diwajah hadirin yang mengikuti kegiatan ini. Harapan besar terwujudnya Desa Wisata Caturharjo muncul dalam benak hadirin, semangat untuk berproses merupakan komponen penting untuk mewujudkan harapan-harapan yang sudah dibangun tersebut.
Banyak manfaat yang akan didapatkan dari pembentukan pokdarwis ini, salah satunya adalah akan mendapatkan pelayanan dan pelatihan dari dinas pariwisata Bantul maupun Propinsi. Namun selain mendapatkan kemudahan tersebut pokdarwis harus siap menjadi tuan rumah bagi wisatawan sekaligus siap menjadi wisatawan.
Karena Pokdarwis ini berpesan sebagai pelaku pemberdayaan masyarakat, pengembangan potensi, dan peningkatan perekonomian masyarakat. Dengan sukarela dan komitmen yang tinggi akan menjadikan terwujutnya Desa Wisata yang maju.
Untuk itu mari kita dukung program-program pengembangan berkelanjutan di Kampung KB Gumulan, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dokumentasi kegiatan lainnya dapat dilihat di Web Kampung KB Gumulan
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan