Pembinaan Kelompok BKR Andai Jaya Persada

Sungai Andai
Dipublikasi pada 12 November 2019

Deskripsi

A. PENDAHULUAN 
Visi Program KB yaitu menjadi lembaga yang handal dan dipercaya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas. Setelah melewati tahun 2015 ternyata masalah kependudukan masih banyak yang dihadapi oleh Pemerintah Indonesia. Salah satu masalah kependudukan adalah makin tinggiya anak remaja yang melakukan pernikahan usia dini. 
Pernikahan perlu kematangan baik dalam fisik, psikologis, maupun emosional. Inilah mengapa pernikahan dini tidak disarankan dan alasan angka pernikahan dini harus ditekan. Kedewasaan diri baik secara mental dan finansial juga merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjalani pernikahan yang bahagia. 
 Oleh karena itu, diperlukan kesiapan keluarga, khususnya keluarga Remaja itu sendiri atau keluarga yang merawat Remaja untuk membina anak remajanya agar tidak tidak melakukan pernikahan dini melalui pembinaan pendewasaan usia perkawinan di Kelompok BKR. 
 
B. MAKSUD DAN TUJUAN 
Maksud dilakukannya pembinaan Kelompok BKR Andai Jaya Persada di Kelurahan Sungai Andai adalah : 
1. Memberikan Informasi kepada anggota BKR bahwa pernikahan dini sebaiknya jangan dilakukan karena akan berdampak risiko kesakitan dan kematian pada saat persalinan, berdampak medis bagi kesehatan, berdampak pada psikologi serta perekonomian. 
 
Tujuan pembinaan Kelompok BKR Andai Jaya Persada di Kelurahan Sungai Andai adalah: 
2. Meningkatkan pengetahuan Kader BKR dan Anggota BKR terkait Definisi Pernikahan dini. 
3. Meningkatkan pengetahuan Kader BKR dan Anggota BKR terkait faktor penyebab dan dampak pernikahan dini. 
4. Meningkatkan pengetahuan Kader BKR dan Anggota BKR terkait pendewasaan usia perkawinan sebagai pencegahan terjadinya pernikahan usia dini. 
 
C. RUANG LINGKUP 
Kegiatan Pembinaan Kelompok BKR Andai Jaya Persada bertempat di Posyandu Andai Jaya Persada Kelurahan Sungai Andai 
Sasaran kegiatan Kelompok BKR Andai Jaya Persada di Kelurahan Sungai Andai adalah : 
1. Kader BKR  
2. Anggota BKR 
 
D. HASIL KEGIATAN 
Berdasarkan hasil Pembinaan Kelompok BKR Andai Jaya Persada di Kelurahan Sungai Andai adalah sebagai berikut : 
1. Penyuluh KKBPK melakukan Pembinaan Tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) kader BKR dalam menjalankan kegiatan BKR serta arahan pada orang tua yang memiliki anak remaja agar memahami bahwa pernikahan perlu kematangan baik dalam fisik, psikologis, maupun emosional. Inilah mengapa pernikahan dini tidak disarankan dan alasan angka pernikahan dini harus ditekan 
 
Hasil Yang Dicapai : 
1. Kader dan anggota BKR memahami terkait definisi, faktor penyebab dan dampak pernikahan dini serta materi terkait pendewasaan usia perkawinan sebagai pencegahan terjadinya pernikahan usia dini. 
 
 E. KESIMPULAN DAN SARAN 
Kesimpulan pada kegiatan ini adalah perlu adanya pembinaan secara berkelanjutan bagi keluarga yang memiliki Remaja. 

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan