Dipublikasikan pada 24 November 2019

Gerakan semesta resik sampah plastik Desa Menyali

Deskripsi

Kegiatan ini di hadiri oleh Camat Sawan Drs. I Gusti Ngurah Suradnyana bersama staff Kecamatan beserta staff Pemdes Menyali dan siswa siswi Sekolah Dasar 1, 2 dan 3 Menyali.
Kegiatan ini dipusatkan di Pasar Desa Menyali yang dimulai pukul 07.00Wita dan berkahir sekitar pukul 10.00wita. Esensi dari gerakan ini adalah bagaimana membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan keberadaan sampah plastik melalui gerakan nyata pembersihan oleh seluruh masyarakat. Dalam kegiatan ini diadakan pembersihan sampah plasti baik itu yang ada di jalanan maupun di gorong-gorong.
Dampak plastik terhadap lingkungan merupakan akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan sampah plastik. Dampak ini ternyata sangat signifikan. Sebagaimana yang diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Diperkirakan ada 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia dalam satu tahun. Ini berarti ada sekitar 1 juta kantong plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang.
Konsumsi berlebih terhadap plastik, pun mengakibatkan jumlah sampah plastik yang besar. Karena bukan berasal dari senyawa biologis, plastik memiliki sifat sulit terdegradasi (non-biodegradable). Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Buleleng khususnya Kecamatan Sawan gencar melakukan gerakan resik sampah plastik.

Program

Sektor Lain

Seksi Kegiatan

Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan