Dipublikasikan pada 28 November 2019

Pembinaan Ketahanan Keluarga Berbasis Tribina (BKB,BKR,BKL)

Deskripsi

Desa Menyali merupakan salah satu Kampung KB terhitung mulai Tahun 2016. Kampung Keluarga Berencana (KB) adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis. Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
Kegiatan Pembinaan ini dilakukan oleh Dinas BKKBN Kabupaten Buleleng dengan mendatangkan Narasumber dari Kecamatan Sawan dengan pembicara Ibu Ari Yosi Dona Eli Manafe yang merupakan Koordinator PLKB Kecamatan Sawan.
Dalam kampung KB ini telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan tersebut, di kampung KB akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat yang ada. Selain pembangunan sarana dan prasaran, diberikan pelatihan yang lebih penting lagi adalah agar program pembinaan kampung KB dilakukan secara terus menerus.“Dengan menggandeng seluruh komponan yang ada. Harapannya adalah jika di wilayah tersebut ada permasalahan yang dihadapi warga, maka akan mudah dibantu oleh dinas instansi terkait.

Program

BKB

Seksi Kegiatan

Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan