Posyandu Balita dan Penimbangan Bayi Balita

KAMPUNG KB DESA PALANGKA
Dipublikasi pada 17 January 2019

Deskripsi

Penimbangan bayi dan balita dimaksudkan untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan. Penimbangan bayi dan balita dilakukan setiap bulan mulai umur 1 bulan sampai 5 tahun di Posyandu. Setelah bayi dan balita ditimbang, catat hasil penimbangan dibuku KIA ( kesehatan ibu dan anak ) atau KMS (kartu menuju sehat), maka akan terlihat berat badannya naik atau tidak naik ( melihat perkembangannya ).

Manfaat penimbangan balita setiap bulan di Posyandu yaitu Untuk mengetahui apakah balita tumbuh sehat, Untuk mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan balita, Untuk mengetahui balita yang sakit, berat badan 2 bulan berturut-turut tidak naik, balita yang berat sehingga dapat segera dirujuk ke puskesmas, Untuk mengetahui kelengkapan imunisasi, Untuk mendapatkan penyuluhan gizi.

penimbangan ini dihadiri ibu Ramlah debgab materi penimbangan dan pemeriksaan kesehatan yang dihadiri oleh 30 bayi balita dari RT1-RT4 yang dilaksanakan pada hari kamis 17 Januiari 2019 bertempat di posyandu melati

hasil yang dicapi pada kegiatan ini adalah penimbangan secara rutin di posyandu untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita.


Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan