Pemberian Imunisasi

KAMPUNG KB DESA PALANGKA
Dipublikasi pada 17 January 2019

Deskripsi

Imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

Bayi yang baru lahir memang sudah memiliki antibodi alami yang disebut kekebalan pasif. Antibodi tersebut didapatkan dari ibunya saat bayi masih di dalam kandungan. Akan tetapi, kekebalan ini hanya dapat bertahan beberapa minggu atau bulan saja. Setelah itu, bayi akan menjadi rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Agar antibodi tersebut terbentuk, seseorang harus diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jadwal imunisasi tergantung jenis penyakit yang hendak dicegah. Sejumlah vaksin cukup diberikan satu kali, tetapi ada juga yang harus diberikan beberapa kali, dan diulang pada usia tertentu. Vaksin dapat diberikan dengan cara disuntik atau tetes mulut.

Pemberian Imunisasi ini dihadiri bebrapa saja dari bayi balita dari RT1-RT4 dimana pemberian Imunisasi diberikan oleh pak Hartono, S.Kep dengan tema peningkatan kesehatan bayi balita. pemberian Imunisasi ini diberikan pada hari kamis 17 Januari 2019 di posyandu melati di Dusun Baru Desa palangka .

hasil yang ingin dicapai pada kegiatan ini yaitu upayah pencegahan penyakit berbahaya dengan cara melakukan faksi nasi. Faksi adalah bakteri yang telah dilemahkan dan dimasukan kedalam tubuh manusia.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan