Posyandu Lansia

KAMPUNG KB DESA PALANGKA
Dipublikasi pada 17 January 2019

Deskripsi

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60tahun keatas.

Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain yaitu  Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

posyadu lansia dilaksanakan di posyandu melati dusun baru desa palangka pada hari kamis 17 januari 2019 yang dihadiri 9 orang dari RT1-RT4 dimana pelayanan itu dilakukan Linda Purnama Sari, Amd.Keb dan Ridwan Amak dengan meliputi diantaranya pemeriksaan gula, kolestrol pemeriksaan tekanan  darah, dan penembangan berat badan.

pemeriksaan medis dengan pasien tua pada dasarnya adalah mendeteksi dini penyakit atau berusaha untuk mencegah penyakit dari terjadinya banyak masalah medis seperti diabetes, tekanan darah, kolestrol, secara rutin, terdeteksi selamapemeriksaan sebuah pemeriksaan medis dengan pasien tua adalah waktu terbaik untuk memberikan nasehat pada penjelasan stres, berhenti merokok.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan