Story Telling ( Dongeng Keliling) Desa Palangka

KAMPUNG KB DESA PALANGKA
Dipublikasi pada 24 June 2019

Deskripsi

Perpustakaan terus berkembang sesuai dengan perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. Perpustakaan ada di tengah-tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang informasi dan ilmu pengetahuan. Perpustakaan sebagai salah satu sarana pemenuhan kebutuhan masayarakat terhadap informasi dan ilmu pengetahuan ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di pusat kota maupun yang berada di daerah terpencil. Untuk itu dibutuhkan pemberharuan yang dapat menunjang kinerja perpustakaan.

 Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling. Sutarno menjelaskan perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang melayani penduduk dengan cara langsung hadir atau mendatangi tempat tinggal atau tempat masyarakat beraktivitas. Kendaraan yang digunakan untuk melayani masyarakat disesuaikan dengan kondisi geografis daerah tertentu, seperti mini bus, metro mini, bus, dan sepeda motor. Perpustakaan keliling menjangkau lebih jauh tempat tinggal masyarakat yang belum atau sulit dicapai oleh layanan perpustakaan yang menetap. Perpustakaan keliling sebagai salah satu perangkat pendidikan non formal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945.

kedatangan perpustakaan keliling di Desa Palangka ini sangat mendapat perhatian dari kalangan siswa Skolah Dasar (SD) sampai Skolah Menegah Pertama (SMP), pada tanggal 24 Juni 2019 yang bertempat di Mesjid Nurur Taqwah Dusun Honto Desa Palangka. sebagaimana anak-anak atau siswa-siswa terlihat begitu memperhatikan dalam menyimak apa yang disampaikan oleh Hj. Mirfayani Mirsal sebagai pendongen.

untuk itu masyarakat Desa Palangka mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim Pelaksana Perpustakaan keliling karena telah memicu budaya literasi anak bangsa khususnya di Desa Palangka ini, karena bangsa hanya akan berkembang dari pemikiran-pemikiran yang maju dan pemikiran yang maju itu hanya bisa dipacu dengan literasi.


Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Tidak ada

Sasaran Kegiatan