Pertemuan Pokja

JAMBU SEJAHTERA
Dipublikasi pada 07 September 2018

Deskripsi

Pertemuan Pokja dilaksanakan pada hari Jum'at, 07 September 2018 bertempat di Rumah Singgah Desa Jambu. Kegiatan dihadiri sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari Kepala Desa beserta Perangkat Desa, LPM, BPD, Ketua RT, Bidan Desa, Guru PAUD/TK, juga dari unsur masyarakat lainnya. Selaku Narasumber kegiatan adalah Tim dari Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Kab. Barito Kuala yang dipimpin oleh Kepala Bidang Dalduk, ibu Sumiyati, S.Sos.

Orientasi pertemuan ini tidak terlalu spesifik karena sifatnya sebagai pembuka proses. Pada pertemuan dibicarakan masalah usulan-usulan peserta untuk kemajuan desa. Terdapat 5 usulan yang muncul yang nantinya akan disepakati lebih lanjut di kegiatan Forum Musyawarah Desa. Namun karena pertemuan ini baru yang pertama kali dilaksanakan, maka usulan-usulan yang disuarakan oleh peserta tidak secara spesifik mengacu kepada 8 Fungsi Keluarga, melainkan usulan-usulan yang bersifat pembangunan fisik dan umum. Hal ini dikarenakan sebagai desa daerah terpencil, uluran pembangunan fisik sangat-sangat ditunggu oleh masyarakat agar desa mereka keluar dari keterpencilan.

Inilah salah satu pertimbangan utama Penyuluh KKBPK mengapa desa ini dipilih sebagai Kampung KB. Karena desa ini terpencil tetapi bukan tertinggal, karena secara geografi berpeluang sangat besar untuk maju karena berada ditengah-tengah antara Ibukota Kecamatan Kuripan dengan Ibukota Kabupaten Barito Kuala, Marabahan. Dengan sedikit sentuhan pembangunan terutama pembuatan akses jalan darat yang layak, maka terbukalah segala akses kemajuan untuk desa ini. Hanya faktor jalan darat yang menghalangi kemajuan di desa ini. Namun karena faktor tanah berdataran rendah (1 mdpl) dan sebagian tergenang rawa-rawa, maka perlu dana yang cukup besar untuk membuat jalan darat yang layak ke desa ini.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan