Forum Musyawarah Desa

JAMBU SEJAHTERA
Dipublikasi pada 19 September 2018

Deskripsi

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memusyawarahkan usulan-usulan masyarakat yang muncul pada pertemuan pokja sebelumnya. Peserta pertemuan ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari Kepala Desa beserta Perangkat, LPM, BPD, PKK Desa, Kelompok Tani, Guru PAUD, unsur masyarakat lainnya. Dari 5 usulan yang dibawa dari pertemuan pokja Kampung KB, secara mutlak mufakat diambil 2 usulan yang akan diajukan ke tingkat lanjutan. Sesuai prioritas kedua usulan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pengerukan sungai Telaga Baru sekaligus peninggian badan jalan sepanjang 4,8 km

2. Rehab rumah dinas guru SD

Jalan Telaga Baru ini sangat penting bagi masyarakat karena sebagai penghubung antara desa dengan wilayah perkebunan sawit dan Marabahan. Setiap hari puluhan warga desa yang bekerja di perkebunan sawit melintasi jalan ini untuk bekerja. Begitu pula ketika akan ke Marabahan lewat jalur darat, jalan ini lah satunya akses. Tetapi pada musim hujan, antara Oktober sampai dengan Maret, jalan ini tidak dapat dilewati dikarenakan sebagian terendam dan sebagian becek berlubang-lubang sehingga warga yang ingin bekerja ke perkebunan sawit harus memakai kelotok.

Usulan rehab rumah dinas disepakati karena kondisi rumah dinas yang sudah sangat memprihatinkan, hampir ambruk. Sejak dibangun 15 tahun lalu, tidak pernah rumah dinas ini mendapat bantuan rehab dari pemerintah daerah, hanya swadaya dari warga setempat untuk merehab rumah dinas ini. Hal ini karena masyarakat merasa iba dengan guru-guru SD yang tinggal di rumah tersebut dan juga sebagai bukti bahwa masyarakat sangat memperhatikan pendidikan di desa mereka.


Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan