Pertemuan Pembinaan Ketahanan Keluarga

Bumi Sari
Dipublikasi pada 06 August 2019

Deskripsi

Di Balai Kampung Bumi Sari, Selasa, 06 Agustus 2019 berlangsung Kegiatan Pembinaan Kelompok Tribina BKB, BKR, BKL . Hadir dalam acara tersebut Kadis PPKB,beserta tim dan seluruh peserta pembinaan kelompok tribina.
   Dalam sambutannya Kadis PPKB yang diwakilkan oleh Kabid K3 menjelaskan bahwa pembangunan kependudukan dan keluarga berencana bertujuan untuk mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, ketahanan dan kesejahteraan keluarga adalah kondisi keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik materil guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan kebahgiaan lahir dan batin.
   Pembinaan terhadap balita dan anak dilaksanakan melalui pengembangan Kelompok Bina Keluarga Balita dan Anak (BKB) yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada keluarga yang memiliki balita dan anak tentang tumbuh kembang dan pengasuhannya.
   Pembinaan terhadap remaja dilakukan melalui Program Generasi Berencana (Genre). Program ini yang dilaksanakan melalui dua pendekatan, yakni pendekatan kepada remajanya langsung melalui pusat informasi dan konseling remaja/ mahasiswa (PIK R/M) serta pendekatan kepada keluarga yang memiliki remaja melalui kelompok bina keluarga remaja (BKR). Pada prinsipnya program genre bertujuan untuk mempromosikan pendewasaan usia perkawinan (PUP) sebagai bagian penting dalam upaya penurunan TFR (Totul Fertility rate) yang pada gilirannya akan berujung pada terciptanya keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.
   BKL adalah kelompok kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lanjut usia dalam pengasuhan, perawatan, dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL), untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, produktif dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.
   Kabid K3mengatakan bahwa seluruh upaya yang dilakukan dalam pembangunan ketahanan dan kesejahteraan keluarga pada akhirnya adalah untuk mewujudkan keluarga –keluarga di Indonesia menjadi keluarga kecil bahagia sejahtera. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari seluruh peserta yang merupakan kader penggerak di lini lapangan. Kader Tribina diharapkan dapat berkiprah sesuai dengan tujuan bidang masing-masing dan mendapat dukungan seluruh komponen baik masyarakat, maupun pemerintah. Melalui pembinaan tribina ini para kader dapat saling berkoordinasi tentang peningkatan pengetahuan wawasan dan perencanaan kegiatan positif bagi para kader di Kampung/Desa. Mudah- mudahan pembinaan kelompok tribina BKB, BKR, BKL di Kampung KB Kampung Bumi Sari tahun 2019 bisa berjalan lancar, kondusif dan mendapatkan hasil yang diharapkan.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan