Rakordesa

Bogorejo
Dipublikasi pada 20 May 2019

Deskripsi

Bogorejo Evaluasi Empat Tahun Kepemimpinan Desa
Suara beduk tanda usai salat tawarih masih bertalu saat perangkat Desa Bogorejo, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran berkumpul di rumah Kepala Dusun, Senin (20/5/19). Malam itu, agenda desa berupa Rapat Evaluasi Empat Tahun Kepemimpinan Desa diselenggarakan. Meski dalam suasana Ramadan, semua perangkat desa hadir. Dengan format lesehan bersuguh gorengan dan kopi panas, mereka antusias mengikuti acara.
Rapat koordinasi desa yang dilaksanakan setiap bulan pada tgl yg sama. secara umum penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat berjalan lancar dan kondusif. Selain itu, respons masyarakat kepada pihak kepala desa dan perhatian dari pihak Kecamatan maupun Kabupaten dinilai sangat baik.
“Alhamdulillah, kalau kita bicara evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di bawah pimpinan Bapak (Hermansyah) sebagai kepala desa yang sudah empat tahun, suasananya cukup kondusif. Pelayanan juga lancar. Ada beberapa komplain warga, tetapi bisa diatasi. Sementara, perhatian dari instansi diatas, baik kecamatan maupun kabupaten sangat baik,” kata dia.
Kepala Desa Bogorejo (Hermansyah) dalam sambutan pengantarnya menyatakan terima kasih kepada semua warga desa yang telah bahu membahu menciptakan kondisi desa yang aman, nyaman, dan damai. Ia mengakui, selama empat tahun memimpin desa masih banyak kelemahan dan kekurangan dalam banyak hal. Namun, kata dia, berkat kesiapan dan kecekatan aparat desa, semua bisa berjalan dengan baik.
“Saya secara pribadi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat. Sebab, warga adalah objek yang sekaligus subjek dalam menggerakkan pemerintahan di desa kita. Sedangkan saya sebagai Kades, Pak Carik, maupun para Kaur, termasuk Kadus dan RT hanya sebatas fasilitator. Jadi, baik buruknya desa kita ini ada di tangan masyarakat,” kata dia.
Dalam evaluasinya, Hermansyah menyatakan beberapa permasalahan pelayanan kepada masyarakat masih perlu ditingkatkan. Misalnya, tingkat partisipasi kepada upaya bersama gotong royong kebersihan lingkungan dan beberapa yang lain.
Dalam kesempatan itu, Hermansyah  juga wanti-wanti kepada seluruh aparat desa untuk menjadi teladan dan terus menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling menjaga antarwarga. Warga masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan keindahan sebentar lagi hari raya Idulfitri.
Sementara itu, Kaur Pemerintahan Desa Bogorejo (Sapto) mengatakan, pihaknya terus berkordinasi dengan Pihak Kecamatan maupun langsung ke Kabupaten jika ada layanan yang bersifat urgen. Proses perekaman dan penerbitan KTP elektronik, misalnya, masa layanan massal telah berlalu, tetapi masih ada saja warga yang belum punya e-KTP.
“Nah, untuk yang seperti itu, kami langsung fasilitasi supaya warga tersebut datang ke Kecamatan atau langsung ke Disdukcapil supaya dilayani. Kami buatkan surat pengantar agar legal,” kata dia.
Rapat yang berlangsung hangat dan berakhir pukul 23.30 juga membahas perkembangan Desa Bogorejo sebagai Kampung KB.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan