sosialisasi Meningkatkan keterampilan kader dan pembentukan Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Remaja di Kampung KB Lourdes

KAMPUNG KB LOURDES
Dipublikasi pada 12 February 2018

Deskripsi

BKR adalah kegiatan yang dilakukan oleh keluarga dalam bentuk kelompok kegiatan dimana orang tua mendapatkan informasi dalam meningkatkan bimbingan dan pembinaan tumbuh kembang anak dan remaja secara baik dan terarah dengan dibantu oleh fasilitator dan kader.

tujuan kegiatan ini Untuk terwujudnya kepedulian dan tanggungjawab orang tua dalam membimbing dan mengarahkan anak & remaja melalui interaksi yang harmonis.

Dari sisi pengembangan kelompok BKR, dinilai penting untuk kelompok ini, karena para orang tua yang tergabung dalam kelompok BKR dapat berdiskusi tentang teknik berkomunikasi dan cara mendampingi anak remaja mereka. 

untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kelompok BKR tersebut perlu dikembangkan suatu kegiatan yang memacu kelompok-kelompok untuk lebih maju dan mandiri. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemilihan kelompok BKR Unggulan. Pemilihan tersebut diharapkan akan mendorong setiap Kelompok BKR untuk berusaha meningkatkan kualitas dan kapasitasnya. Kelompok BKR yang menjadi unggulan akan lebih mapan dan memiliki fungsi tambahan sebagai model, tempat rujukan, studi banding, dan magang bagi Kelompok BKR lainnya

kegiatannya Poktan BKR Lentera perbatasan Kampung KB Lourdes

  1. Menyelenggarakan pertemuan kelompok dengan urutan materi :
  2. Gerakan pembangunan keluarga sejahtera,
  3. Konsep dasar bina keluarga anak dan remaja,
  4. Pemanfaatan 8 (delapan) fungsi keluarga
  5. Peran orang tua dalam pembinaan anak dan remaja,
  6. Tumbuh kembang anak dan remaja,
  7. Reproduksi sehat,
  8. Pembinaan anak dan remaja,
  9. Pengelolaan program BKR.
Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan