sosialisasi Meningkatkan keterampilan kader dan pembentukan Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Lansia di Kampung KB Lourdes

KAMPUNG KB LOURDES
Dipublikasi pada 15 May 2018

Deskripsi

Bina Keluarga Lansia ( BKL ) Bina Keluarga Lansia atau BKL merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bagi keluarga yang mempunyai orang tua atau lanjut usia.

Tujuan kegiatan ini

  1.  Meningkatnya kemampuan kelompok BKL dalam mengembangkan materi dan isi pesan Program KKBPK dalam rangka penyiapan kehidupan Lansia.
  2. Meningkatnya kemampuan kelompok BKL dalam mengembangkan kegiatan yang lebih inovatif dan kreatif. 
  3. Meningkatnya kemampuan kelompok BKL dalam memperluas dukungan dan jejaring kerja. 
  4. Meningkatnya minat Keluarga yang memiliki Lansia dalam kegiatan dan pengelolaan Kelompok BKL.

BKL mempunyai dua sasaran, yaitu sasaran langsung dan sasaran tidak langsung. Sasaran langsungnya adalah keluarga yang mempunyai lansia atau keluarga yang semua anggotanya merupakan kaum lansia. Sedangkan sasaran tidak langsungnya, yang adalah perorangan seperti guru, ulama atau pemuka agama, tokoh adat, pemuda, pemimpin organisasi dan para ahli yang memiliki ketrampilan di bidang psikolog, perawatan, kebidanan, dan dokter

Kaum lansia pada umumnya juga memiliki perasaan yang sangat peka dan mudah tersinggung. Bahkan, jika muncul perbedaan sedikit saja langsung memunculkan rasa curiga pada orang lain. Selain itu, kaum lansia juga biasanya mudah tegang, gelisah, dan memiliki banyak tuntutan yang kadangkala sulit untuk dipenuhi.

Masalah lain yang juga sering menghinggapi kaum lansia adalah rasa sepi. Terutama yang sudah ditinggal oleh suami atau istrinya apalagi ketika semua anaknya sudah menikah serta memiliki kehidupan sendiri. Rasa sepi ini akan memunculkan suatu perasaan jika dirinya sudah tidak punya manfaat lagi bagi orang lain atau masyarakat. Kondisi tersebut akan berdampak pada tekanan jiwa dan stres. 

Agar masalah tersebut bisa dihindari, Bina Keluarga Lansia atau BKL punya program-program untuk memberdayakan mereka. Sehingga, kaum lansia tetap bisa berkarya dan memberi manfaat baik untuk dirinya sendiri atau orang lain. Pada akhirnya, mereka tidak akan merasa tersingkirkan lagi dari keluarga atau pergaulannya di masyarakat.

Salah satu kegiatan dari BKL adalah POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu)

utk memeriksa: 

1. GULA DARAH

2. ASAM URAT

3. KOLESTEROL

4. TEKANAN DARAH

Dan untuk pertama kalinya diadakan di hari Kamis, yaitu tgl 15 Mei 2018,diikuti oleh 30 orang peserta.




Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan