Tim Relawan dan Pokja Lawan Covid-19 melakukan aksi di Perbatasan Malaysia

KAMPUNG KB LOURDES
Dipublikasi pada 19 May 2020

Deskripsi

Relawan desa lawan Covid-19 dan Pokja Kampung KB Lourdes Bersama-sama melawan penyebaran Virus Corona di Masyarakat berdasarkan protokol yang ada, yaitu:
1.Membentuk struktur dan posko;
Pertama, relawan desa lawan Covid-19 dan Pokja kampung KB Lourdes Desa Sungai Limau membentuk struktur sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2020,dan relawan bersama Pokja kemudian mendirikan posko di kantor desa Sungai Limau dan di Kampung KB Lourdes.
2.Memberikan Informasi Kepada masyarakat terkait Covid-19;
Relawan dan Pokja Kampung KB Lourdes memberi edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19, mulai gejala, cara penularan, dan pencegahan sesuai protokol kesehatan dan standar WHO, Cara Penularan,di antaranya tetesan cairan (droplets) dari bicara, batuk, atau bersin, kemudian kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan, Penularan juga bisa diakibatkan menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya kemudian menyentuk mulut, hidung, atau mata sebelum cuci tangan. Relawan juga menjelaskan gejala Covid-19, seperti demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih, dan lesu.
pencegahan yang disampaikan ke warga kampung kb lourdes adalah protokol pencegahan menurut WHO. Caranya adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat, belajar dan beribadah di rumah, selalu menggunakan masker, menghindari kerumunan massa, serta jaga jarak minimal dua meter. Warga desa juga diimbau untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau gunakan hand sanitizer. Jika warga mengalami gejala, seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, letih, lesu, dan gangguan pernapasan, segera melapor ke relawan.
3.Lakukan pendataan
Relawan mendata warga yang rentan sakit, berusia di atas 60 tahun, balita, dan mereka dengan penyakit kronis. Pendataan itu dilakukan dengan berkoordinasi bersama puskesmas atau Petugas Kesehatan PUSTU Lourdes.
4.Alat deteksi dini 
Relawan bersama Pokja kampung KB Lourdes menyiapkan alat deteksi dini, seperti formulir wawancara untuk warga dalam mengetahui potensi dan kerentanan, sehingga bisa menjadi acuan relawan bertindak selanjutnya. Dengan dana swadaya  Pokja kampung KB Lourdes dan Tim relawan menyediakan alat kesehatan untuk deteksi dini, perlindungan, dan pencegahan wabah dengan dikoordinasikan puskesmas dan tenaga kesehatan di desa PUSTU Lourdes, alat deteksi dini itu termometer, sarung tangan latex, masker, alat pelindung diri, dan kacamata.
5.Info nomor telepon Relawan
bertugas untuk menyediakan informasi nomor telepon, mulai dari rumah sakit rujukan, hingga ambulans. 
Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan