Deteksi Dini Covid-19 Tim Gugus Tugas Melakukan Startegi PANKESIA (Pemantauan Kesehatan Lansia) dan SURVEILANS AKTIF di Kecamatan Sebatik Tengah

KAMPUNG KB LOURDES
Dipublikasi pada 18 May 2020

Deskripsi

Tujuan Kegiatan ini untuk memantau kesehatan lansia yang rawan terjangkit virus corona, tim gugus tugas melakukan strategi baru, yakni pemantauan kesehatan lanjut usia (Lansia) atau Pankesia, yang dilakukan melalui surveilans aktif di puskesmas dan masyarakat. 

Sehingga setiap Lansia yang memiliki risiko tinggi akan dikunjungi oleh tim medis dari UPT Puskesmas Aji Kuning melalui petugas kesehatan yang berada di Pustu Lourdes untuk melakukan pengecekan kesehatan dan diberikan ketahanan tubuh melalui pemberian multivitamin.

Serta memberikan edukasi terkait Covid-19, dengan harapan ketika ada gejala Covid-19, Lansia dapat segera menghubungi call center puskesmas, sehingga Tim Medis segera mengunjungi ke rumah pasien. 

Surveilans aktif dilaksanakan di pelayanan kesehatan Puskesmas, dengan menjaring jenis penyakit ISPA. Juga akan fokus pada penyakit pneumonia ringan hingga berat. Ketika dijumpai kasus tersebut akan dilakukan pemeriksaan rapid test. Untuk surveilans aktif di masyarakat berawal dari titik lokasi Lansia dan akan menelusuri sekitar rumah, dan mencari penderita ISPA, terutama penomoni ringan dan berat.

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan