Profil

Desa Padang Luar

Gambaran Umum


A. Gambaran Umum Desa

1. Sejarah Desa Padang Luar

Desa Padang Luar merupakan salah satu dari yang ada di Kecamatan Amuntai Utara. Desa ini mempunyai luas 215 KM2 yang terdiri dari 7 ( tujuh ) Rukun Tetangga (RT). Lokasinya dari kecamatan amuntai utara berjarak ± 5 km. Sebagian besar wilayah Desa merupakan kawasan pertanian dan Perekebunan

Desa Padang Luar dulunya termasuk wilayah desa Guntung, desa Padang Luar sendiri berasal dari kata padang yang artinya pahumaan karena wilayah desa Padang Luar yang mempunyai lahan pertanian yang luas, maka pada waktu desa Guntung di mekarkan menjadi beberapa desa yaitu desa Pimping, Pandawanan, Panyaungan, Guntung dan dibentuklah juga desa dengan nama Padang Luar.

Desa Padang Luar sendiri mempunyai 7 RT, yang wilayahnya terdiri dari lahan pertanian dan perkebunan yang luas yang merupakan potensi dari desa Padang Luar.

   Desa Padang Luar masih berupa wilayah rawa/persawahan dan perkebunan dan diairi sungai Tabalong. Mata pencaharian warganya mayoritas wiraswasta, bertani dan berkebun karet . Jalan raya di wilayah desa Padang Luar merupakan jalan yang menghubungkan antar desa

2. Topografi Desa

Desa Padang Luar mempunyai wilayah yang terbagi atas wilayah Pertanian dan perkebunan dengan berbagai macam wilayah perdesaan yang masih banyak area - area persawahan dan Rawa-rawa yang masih tidak tergarap oleh masyarakat . Hal ini tentu sangat berpengaruh kepada tingkat ekonomi/pendapatan dan pekerjaan warga Desa Padang Luar.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, menyebabkan mata pencaharian masyarakat sangat tergantung pada wiraswasta, pertanian dan perkebunan .

Batas-batas wilayah Desa Padang Luar antara lain :

Sebelah Utara : Berbatasan dengan Desa Guntung

Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Desa Panyaungan

Sebelah Barat : Berbatasan dengan Desa Pimping

Sebelah Timur : Berbatasan dengan Desa Tayur

Desa Padang Luar terletak tidak telalu jauh dari ibu kecamatan amuntai utara Oleh sebab itu kehidupan masyarakat penuh dengan kegiatan Perekonomian dan peertanian Hal tersebut dapat dilihat dengan masih kentalnya rasa kegotongroyongan seperti menjaga keamanan dan ketertiban serta memelihara kebersihan lingkungan dalam sukar selamat dan selalu hidup rukun antara sesama tanpa memandang status sosial masing-masing. Dan juga masyarakat kami masih memiliki nilai swadaya yang memadai terutama dalam pemenuhan kepentingan umum seperti membangun Langgar, membuat Pos Kamling dan membuat jalan serta bidang lainnya.

3. Demografi Desa Padang Luar

a. Kependudukan Menurut Kepadatan Penduduk

Desa Padang Luar mempunyai jumlah penduduk sebanyak 783 orang yang terdiri dari laki laki 394 orang dan perempuan 389 orang dengan kepadatan penduduk 6 orang/km dengan jumlah 238 KK.

b. Kependudukan Menurut Pendidikan

Desa Padang Luar tingkat pendidikan masyarakat rata- rata berpendidikan tingkat SD dan sebagian kecil ada yang tamat SLTP dan SLTA Dan ada jua yang tamat Perguruan Tinggi Di desa Padang Luar sangat sedikit yang masih buta aksara

c. Jenis Pekerjaan

Untuk jenis pekerjaan dan mata pencaharian masyarakat pada Desa Padang Luar sangat bervariasi, mulai dari Wiraswasta, Petani, Berkebun, Pengrajin, Pedagang Kecil ,Pencari ikan, Namun yang untuk wilayah Desa Padang Luar yang paling dominan adalah wiraswasta, petani dan berkebun Di wilayah Desa Padang Luar juga terdapat sektor yang paling menonjol, sebagian besar merupakan area pertanian dan rawa-rawa besar di kabupaten Hulu Sungai utara.

4. Aksesbilitas Masyarakat

Desa Padang Luar yang merupakan pusat pertanian, Jarak Desa Padang Luar dengan pusat Kota Amuntai hanya sekitar 8 Km. Jarak ke Kantor Kecamatan Amuntai Utara sekitar 3 Km atau dapat ditempuh dengan 10 Menit


Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

790

Jumlah Kepala Keluarga

242

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

36

Keluarga yang Memiliki Remaja

111

Keluarga yang Memiliki Lansia

66

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

0 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

121 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

28 January 2019

BKB

28 January 2019

BKR

28 January 2019

BKL

28 January 2019

Kelompok UPPKS

28 January 2019

PIK-R

28 January 2019

Rumah Dataku

Belum ada

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Dana Desa APBD APBN

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada Sri Asmiri Ningsih 2147483647

Regulasi dari pemerintah daerah

Ada, Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Bupati/Walikota

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

8 orang pokja terlatih
dari 8 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data Data rutin BKKBN Potensi Desa Data Sektoral Lainnya

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Bulanan