Profil

Sungai Andai

Gambaran Umum


    Kampung KB Sungai Andai adalah Kampung KB pertama yang berada di Kota Banjarmasin. Kampung KB Sungai Andai terletak di Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Alasan pemilihan Kelurahan Sungai Andai sebagai tempat Kampung KB pertama di Kota Banjarmasin adalah kelurahan Sungai Andai merupakan kelurahan yang masih baru terbentuk dari pemekaran kelurahan sebelumnya, selain itu diwilayah kelurahan Sungai Andai ada RT yang pencapaian perolehan KBnya rendah, tingkat perekonomiannya rendah, terdapat daerah kumuh dibantaran sungainya, sehingga tempat kampung KB di fokuskan di RW 01 di RT 02 dan RT 04 Kelurahan Sungai Andai.

    Kampung KB Sungai Andai ini selain yang pertama di Kota Banjarmasin tapi juga kampung KB Pertama di Kalimantan Selatan. Pencanangannya dilaksanakan pada tahun 2016 yang dilakukan oleh Walikota Banjarmasin yang dihadiri juga oleh Deputi Adpin BKKBN Pusat dan juga Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan dan Juga Ketua Koalisi Kependudukan Kota Banjarmasin.

    Setelah adanya Kampung KB maka membawa perubahan yang besar bagi masyarakat dan juga lingkungannya. Masyarakat lebih dewasa dalam dalam sikap bermasyarakat dan juga lingkungan mereka lebih tertata hingga menjadi pemenang Lomba Sungai Bersih sampai juara III tingkat Nasional. Pencapaian perolehan KB juga meningkat terutama MKJP meningkat. Kesadaran akan kebersihan lingkungan dan juga partisipasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah melalui OPD dan juga instansi-instansi yang ikut terlibat dalam intervensi program mereka juga tinggi. Karena Sungai Andai ini merupakan Kampung KB pertama di Banjarmasin, maka Kampung KB ini langsung berada di bawah Pengawasan Walikota Banjarmasin.

    Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di kampung KB, maka dibentuklah juga Rumah Dataku di Kampung KB Sungai Andai. Rumah Dataku Sungai Andai ini adalah rumah atau tempat yang khusus digunakan sebagai tempat data untuk informasi yang berkaitan dengan Kampung KB di Sungai Andai. Adapaun data yang tersedia di Rumah Dataku adalah data yang berkaitan dengan Kependudukan, Keluarga Berencana, Kesehatan dan data umum lainnya. Rumah Dataku Sungai Andai adalah rumah data pertama di Banjarmasin dan juga di Kalimantan Selatan. Dengan adanya Rumah Dataku diharapkan semua informasi yang berkaitan dengan Kampung KB Sungai Andai bisa didapatkan hanya dengan mendatangi Rumah Dataku.

    Melihat kesuksesan atas program Kampung KB yang berada di RT 02 dan 04, maka menjadi inspirasi bagi RT lainnya untuk membuat program lainnya, seperti ada Kampung Bunga, Kampung Tentara, Kampung Polisi, Kampung Pusaka, Kampung Telkom, Kampung Paiwakan dan lainnya. selain itu sebagai bentuk inovasi Kampung KB Kampung Baiman akan dibuat menjadi kampung tahfiz.

    Kampung KB ini dipilih sebagai kampung tahfiz dikarenakan dilingkungan tersebut merupakan daerah religius, dilengkapi dengan mesjid yang melakukan kegiatan keagamaan setiap hari, pondok pesantren dan terdapat hafiz-hafizah cilik yang bertempat tinggal disana. rencana kegiatan peresmian kampung tahfiz akan dilaksanakan bersamaan dengan hari jadi kota Banjarmasin yang ke-492.


Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

662

Jumlah Kepala Keluarga

196

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

35

Keluarga yang Memiliki Remaja

61

Keluarga yang Memiliki Lansia

61

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

0 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

0 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

09 October 2018

BKB

Belum ada

BKR

Belum ada

BKL

09 October 2018

Kelompok UPPKS

09 October 2018

PIK-R

Belum ada

Rumah Dataku

09 October 2018

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Swadaya Masyarakat Donasi/ Hibah Masyarakat APBD APBN Perusahaan (CSR)

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada Helda Rafita, SKM 2147483647

Regulasi dari pemerintah daerah

Ada, Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Bupati/Walikota

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

2 orang pokja terlatih
dari 4 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Tidak

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Triwulan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: triwulan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Tahunan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: triwulan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Bulanan