Profil

KAMPUNG KB MUTIARA BUNDA

Gambaran Umum


PENDAHULUAN
Amanat Presiden Republik Indonesia kepada BKKBN agar dapat menyusun suatu kegiatan / program yang dapat memperkuat upaya pencapaian target / sasaran Pembangunan Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana 2015 -2019, kegiatan tersebut dapat menjadi ikon BKKBN serta dapat secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia di seluruh tingkat wilayah.
Kampung KB merupakan salah satu prioritas yang sesuai intruksi presiden Republik Indonesia dan dikembangkan sebagai strategi untuk mendukung Nawa Cita ke- 3 yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memprioritaskan daerah – daerah dan desa dalam kerangka NKRI dan NawaCita ke – 5 yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
A. TUJUAN KAMPUNG KB
Tujuan umum program Kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
B. VISI KAMPUNG KB RW 03 KEPRABON
Menciptakan Desa Keprabon, Khususnya RW 03  yang Bersih, Nyaman dan Sejahtera , serta berbeda dengan desa yang lain.

C. GAMBARAN UMUM
RW 03 Desa Keprabon adalah salah satu dari 12  RW di desa Keprabon, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, dengan batas-batas wilayah, sebagai berikut :
RW 03 Desa Keprabon  terdiri dari 2 (dua) RT yaitu RT 05 dukuh Jagalan, dan RT 06 dukuh Bitaran. Jumlah penduduk RW 03 desa Keprabon sebanyak  188 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 508 jiwa dengan jumlah sebaran tiap – tiap RT sebagai berikut RT 05 sebanyak 78 KK 216 jiwa, RT 06 sebanyak 110 KK 292  jiwa. Adapun mata pencaharian warga RW 03 Desa Keprabon, sebagian besar memiliki usaha rumahan ( home Industri ) membuat KIPAS, Souvenir dari Tanduk Kerbau, dan Tas Perca, dan sebagian yang lain sebagai Buruh seperti buruh tani, buruh sebagai tenaga proyek, serta sebagian kecil juga ada yang merantau ke luar daerah. Selain sebagai buruh ada beberapa warga bekerja sebagai pegawai baik Pegawai negeri maupun pegawai swasta, dan beberapa yang wiraswasta.
Adapun rincian data sebaran Jumlah Jiwa  RW 03 desa Keprabon, adalah sebagai berikut :
 < 1 Tahun Bayi = 3
 1-4 Tahun Balita = 13
 5-6 tahun Kemas = 13
 7-14 tahun Remaja Muda = 53
 15-24 tahun Remaja Dewasa = 70
 25-65 tahun Produktif = 313
 > 65 tahun Lansia = 43
C. PEMBENTUKAN KAMPUNG KB RW 03 Desa Keprabon
Kampung KB adalah daerah atau wilayah setingkat RW yang didalamnya terdapat keterpaduan pembangunan kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor – sektor lainnya seperti infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan lain-lain yang dilaksanakan secara sistemis dan sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
Desa Keprabon  RW 03 dibentuk sebagai Kampung KB karena dari data basis Dinas Kesehatan Desa Keprabon , khususnya RW 03 terdapat  1 
( satu ) data STUNTING. Sehingga Kampung KB Mutiara Bunda ini merupakan salah satu dari 10 Pembentukan Kampung KB Stunting di Kabupaten Klaten. Selain permasalahan pencegahan Stunting yang akan difokuskan untuk Program - program kegiatan di Kampung KB Mutiara Bunda, permasalahan rendahnya kesertaan KB MKJP juga akan lebih diperhatikan. serta program ODF ( Tidak BAB Sembarangan ) lebih diperhatiakan, karena kebiasaan BAB di Sungai masih menjadi kebiasaan sebagian warga RW 03 desa Keprabon. Dengan dibentuk Kampung KB di RW 03 desa Keprabon, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten ini diharapkan Kampung KB dapat sebagai wadah untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di RW 03.
Kampung KB Mutiara Bunda, RW 03 desa Keprabon  adalah program pembangunan berbasis masyarakat sehingga sangat diperlukan peran serta aktif dari masyarakat agar berbeda dengan desa yang belum diberntuk Kampung KB.

Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

256

Jumlah Kepala Keluarga

188

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

26

Keluarga yang Memiliki Remaja

20

Keluarga yang Memiliki Lansia

34

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

37 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

56 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

07 May 2019

BKB

07 May 2019

BKR

07 May 2019

BKL

07 May 2019

Kelompok UPPKS

07 May 2019

PIK-R

07 May 2019

Rumah Dataku

07 May 2019

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Dana Desa

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada Dian Septorini, S.Pd 2147483647

Regulasi dari pemerintah daerah

Tidak ada,

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Tidak ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

0 orang pokja terlatih
dari 1 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data Potensi Desa

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: Tahunan

Penyusunan laporan

Tidak ada