Profil

Kampung KB Desa Bedulu

Gambaran Umum


        Kampung Keluarga Berencana (KB) adalah satuan wilayah setingkat RW. dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sitematis. Melalui kampung KB dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta membangun sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. 

        Badhahulu atau sekarang dikenal dengan nama Bedulu sejatinya adalah sebuah desa kuno dan unik di Gianyar, Bali. Desa ini diyakini banyak kalangan pernah menjadi pusat peradaban di Bali, bahkan sudah menjadi pemukiman sejak masa prasejarah, terbukti dengan ditemukannya Sarkofagus di salah satu rumah warga. Desa Bedulu pernah menjadi pusat pemerintahan Bali sejak dari Dinasti Warnadewa yaitu saat pemerintahan Maharaja Sri Astasura Ratna Bumi Banten (Asta= Delapan, Sura= Dewa, Ratna= Permata, Bumi Banten= Tanah Bali) artinya raja yang membawahi delapan wilayah kekuasaan di Bali. 

Desa Bedulu Terdiri dar 11 Banjar Dinas yaitu :

1. Banjar Margasengkala

2. Banjar Tegallinggah

3. Banjar Wanayu

4. Banjar Mas

5. Banjar Taman

6. Banjar Pekandelan

7. Banjar Margabingung 

8. Banjar Gua

9. Banjar Tengah

10. Banjar Lebah

11. Banjar Batulumbang

Desa Bedulu memiliki 12 Posyandu. Dua posyandu di banjar dinas Margasengkala dikarenakan ada lingkungan kampung Jawa yg sebagaian besar pemeluk agama Islam

Desa Bedulu memiliki Pura yang bersejarah yaitu Pura Samuan Tiga yang merupakan Pura Kahyangan Jagat dimana pamedeknya datang dari seluruh Bali. Pura Samuan Tiga diyakini merupakan awal dari terbentuknya Pura Khayangan Tiga di Bali. Bahkan, dipercayai juga sebagai awal adanya desa pakraman. 

Tempat Wisata

Candi Tebing Tegallinggah

Candi ini terpahat di dua sisi tebing, dimana candi ini dipisahkan oleh aliran sungai Pakerisan pada masing-masing dinding terdapat bentuk candi serta sejumlah cerukan yang berbeda. Pada candi ini juga ditemukan tujuh cerukan serta tiga lingga yang melambangkan “Trimurti” atau Dewa Utama, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa. Adapun cerukan yang ada merupakan tempat bertapa yang digunakan untuk mendekatkan diri pada Sang Hyang Widhi (pertapaan).


Yeh Pulu

Yeh Pulu adalah obyek wisata yang terletak di Banjar Batulumbang, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, sekitar 26 km dari Kota Denpasar. Obyek wisata ini merupakan bagian dari situs warisan arkeologi di tepi Sungai Petanu. Yeh Pulu tidak hanya sebuah situs warisan arkeologi tetapi juga memiliki sawah yang indah dan tebing dan mudah untuk dijangkau karena terletak di jalur pariwisata Denpasar-Tampaksiring-Kintamani. Relief Yeh Pulu terletak di sebuah lembah yang memanjang dari utara ke selatan, dibatasi oleh dinding curam di sisi barat. Lembah yang cukup jauh di tepi selatan dan timur ini diukir sepanjang 25 meter. Secara umum, Relief Yeh Pulu menjelaskan tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Bali kuno, menurut Stutterheim, sebuah archaeogist, relief Yeh Pulu berasal dari abad ke-14 Masehi, bentuk bangunan yang ditampilkan pada relief memiliki kesamaan dengan relief yang ditemukan di Candi Penataran di Jawa Timur. Yeh Pulu berasal dari kata “yeh” = air, sedangkan “pulu” = wadah beras, sehingga Yeh Pulu berarti air yang berasal dari / keluar dari wadah beras (pulu) yang terletak di bagian barat cluster bantuan yang memanjang bersama 25 meter dengan lebar 2 meter. Relief ini menjadi relief terpanjang di Bali pada masanya.

Goa Gajah

Goa Gajah terletak di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. 5 km dari Ubud. Goa Gajah sudah dikenal sejak masa pemerintahan beberapa raja, antara lain: Sri Dharmawangsawardhana Marakatapangkajastano Tunggadewa (1022 M), Raja Anak Wungsu (1053 M), Paduka Sri Mahaguru (1324 M).

Mpu Prapacanca pada dalam bukunya Negarakertagama, pada masa pemerintahan Hayam Wuruk raja di era Majapahit menulis bahwa Goa Gajah terletak di Desa Bedulu sebagai tempat pertapaan Sang Bodadyaksa. Ada juga disebutkan istilah Kunjarakunjapada yang berarti “Kunjara asrama”, yang dimana kata Kunjara dalam bahasa Sansekerta berarti Gajah. Asrama ini adalah asrama Rsi Agastya yang terletak di Mysore di India Selatan. Ada banyak gajah liar hidup di sekitar asrama . Ada kemungkinan bahwa Goa Gajah dibangun untuk mengingatkan kembali tentang Kunjarakunjapada asrama di India

Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

8164

Jumlah Kepala Keluarga

2428

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

548

Keluarga yang Memiliki Remaja

530

Keluarga yang Memiliki Lansia

498

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

413 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

1188 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

03 December 2019

BKB

03 December 2019

BKR

03 December 2019

BKL

03 December 2019

Kelompok UPPKS

03 December 2019

PIK-R

03 December 2019

Rumah Dataku

Belum ada

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Dana Desa Swadaya Masyarakat Donasi/ Hibah Masyarakat APBD APBN

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada Ni Made Sutiriani 2147483647

Regulasi dari pemerintah daerah

Ada, Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Bupati/Walikota

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

21 orang pokja terlatih
dari 21 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data Data rutin BKKBN Potensi Desa Data Sektoral Lainnya

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: setiap saat/penting

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Bulanan