Profil

KAMPUNG KB SAKURA

Gambaran Umum


A. Sejarah Kampung

                Menurut cerita tutur, penyebaran suku Dayak hingga ke Biatan Ilir     oleh tiga orang pendahulu Dayak Basap yang membentuk perkampungan bagi warganya yang diberi nama Biatan.

                Suku Dayak Basap tidak memiliki sebutan raja atau kepala suku,    pada waktu itu sebutannya adalah pembakal. Tahun 1947 ada  himbauan dari Kiyai Salam orang Banjar (sekarang setara dengan    Camat) untuk pindah ke Talisayan agar mudah mengurus administrasi. Namun pembakal Jumboh dan Pembakal Rarap (Biatan Ulu) yang bergelar Pembakal Jaya Muda (Bapak dari kepala adat Biatan Ulu Tunjayan) tidak mau. Mereka berdua sepakat pindah tapi tidak terlalu jauh dari kampung asal yang kemudian dipilihlah nama tempat  Karangan Aladan (sekarang bekas SD lama Biatan Ilir) karena    lokasinya dekat dengan Sungai Karangan. Sejak perpindahan dari    Karangan Aladan kemudian dayak pesisir menyebut dirinya Dayak    Aladan.

                Oleh karena ada diantara mereka ada yang berpindah ke bagian     hulu, maka dinamakan Biatan Ulu dan yang menetap di Biatan Ilir     maka dinamakan kampung Biatan Ilir.

                Pada tahun 1960, kampung Biatan Ilir mengalami perkembangan     ditandai dengan kedatangan dari Sulawesi, Berau dan Lombok. Ketua     Adat pertama yang dipimpin oleh Bapak Gemak. Berikutnya Bapak     Jombo. Setelah itu diganti oleh Sultan. Lalu diganti oleh Bapak Gafar.     Dan sekarang dipimpin oleh Bapak Aliansyah. 

                Suku Dayak di kampung Biatan Ilir dalam perkembangannya     sudah ada yang memeluk agama Islam, disebabkan dengan ada     orang dayak yang kawin dengan orang Islam seperti orang Bugis,     Berau dan lain lain. Perlu diketahui pula, bahwa suku dayak mulai     maju dengan pergaulannya sehari-hari bertambah erat hubungannya     dan sedikit demi sedikit kebiasaan dahulu tinggal di hutan dan tidak     memakai baju mulai ditinggalkan dan beradaptasi dengan orang -     orang pendatang.

                Pada masa itu, masyarakat berkebun dengan alat-alat produksi     sederhana seperti beliung dan berburu menggunakan panah. Pola     pertanian dan perladangan masih berpindah meneruskan kearifan     tradisi para leluhur, karena ladang berpindah akan memberikan     kesempatan lahan yang sudah dibuka untuk pulih kembali     kesuburannya dan lahan pertanian masih dianggap cukup luas.

                Penggunaan alat transportasi Kampung Biatan Ilir masih     menggunakan kapal kayu kalau ingin menuju ke Tanjung Redeb (Ibu     Kota Berau), karena akses jalan lewat darat belum terbuka. Pada     tahun ini pula banyak suku dayak Basap yang memeluk agama Islam     karena menikah dengan pendatang. 

                Menurut data, kampung Biatan Ilir sudah mengalami pergantian     kepala pemerintahan sebanyak 8 kali. Adapun urutannya adalah :

        1. Kepala Kampung : Makala Jombo (1950 – 1960)

        2. Kepala Kampung : Gemak (1960 – 1990)

        3. Kepala Kampung : Meter (1996 – 2001)

        4. Kepala Kampung : Agus Sahrir (2002 – 2003)

        5. Kepala Kampung : Sahidan (2004 – 2009)

        6. Kepala Kampung : Majemuk (2010 – 2013)

        7. Kepala Kampung : Anwar (2014 – 2015)

        8. Kepala Kampung : Abdul Hafid (2016 – 2021)

                    

                    Sejarah Kejadian Perkembangan Kampung 

         1.  Tahun 1970, Pembukaan jalur jalan pertama yang membelah            hutan lindung di Semindal oleh Perusahaan HPH PT. Gonfu.  

         2.  Tahun 1987, Tanaman perkebunan kakau dan lada yang di            kenalkan oleh orang Bugis dan Berau.

         3.  Tahun 1993, Mulai ada pembukaan jalan darat menuju Kabupaten            Berau.

         4.  Tahun 1995, Program ABRI masuk desa membantu masyarakat            untuk membangun rumah sederhana.

         5.  Tahun 2002, Pembentukan RT 03 Biatan Ilir.

         6.  Tahun 2005, Pemekaran Kecamatan Talisayan menjadi 3             Kecamatan, yaitu : Kec. Batu Putih, Kec. Talisayan dan Kec.                       Biatan. Biatan Ilir termasuk dalam wilayah Kec. Biatan.

         7.  Tahun 2007, Pengaspalan jalan provinsi penghubung Tanjung            Redeb ke Biduk – Biduk.

         8.  Tahun 2009, PT. Dwi Lestari Jaya (DLJ) Tanggal 27 Oktober 2009               memperoleh ijin investasi membuka perkebunan kelapa sawit                   dengan luas 11.983 ha terletak di 3 desa, yaitu : Biatan Ilir,                         Karangan dan Biatan Ulu.

         9.  Tahun 2009, Pembangunan pengerasan jalan membelah hutan            lindung di Semindal.

        10. Tahun 2011, Dimulai pembangunan bendung tumbit, dan                  infrastruktur irigasi.

        11. Tahun 2012, Program pembukaan lahan sawah tahap pertama                  dengan luas 222 ha.

        12. Tahun 2013,  Terbit Ijin lokasi PT. Nufro, sementara ijin lokasi             yang di mohon PT. Nufro sudah ada tanaman sawit usia 3 tahun             yang telah di tanam oleh PT. DLJ I seluas 296,12 ha.

        13. Tahun 2014, Pembangunan Instalasi pompa air tenaga surya dan              jaringan air bersih untuk RT 02.

        14. Tahun 2017, Pembentukan RT 04 Semindal, sebagai bagian dari                Wilayah Administrasi Biatan Ilir.

        15. Tahun 2017, Terbit SK Ijin Lembaga Pengelola Hutan Desa             (LPHD) Tebih Dalundun dari KLHK yang difasilitasi oleh Menapak             - TFCA Kalimantan.

        16. Tahun 2018, Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya             (PLTS) di RT 04 Semindal.

        17. Tahun 2018, Percetakan sawah tahap kedua dengan luas 100 ha.

        18. Tahun 2018, Pembuatan Sistem Informasi Desa (SID) di             Kampung Biatan Ilir. Difasilitasi oleh Menapak - TFCA             Kalimantan.


    B. VISI dan MISI

         Visi

                     Visi adalah merupakan gambaran tentang keadaan masa      depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan     kampung. Penyusunan visi kampung Biatan Ilir dilakukan dengan     pendekatan partisipatif. Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan     dalam kampung, seperti Pemerintah Kampung, BPK, Tokoh     Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, LPM, PKK, serta     kelompok-kelompok masyarakat yang lain.

                    Dengan     mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal di     kampung, yang merupakan satu kesatuan kerja. Visi kampung Biatan     Ilir adalah BERSINAR (Bersih, Sejahtera, Indah, Aman, dan Menarik)     dengan :

                    “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Yang Bermatabat     dan Religius, dengan Mengembangkan Potensi Sumber Daya”

        Misi

                    Selain penyusunan visi, juga telah ditetapkan misi, yang     merupakan pernyataan yang harus dilaksanakan oleh kampung untuk     mencapai visi tersebut. Adapun misi dari kampung Biatan Ilir adalah     sebagai berikut ;

                    1. Menumbuh kembangkan usaha ekonomi kreatif masyarakat                     dari semua sektor sesuai potensi yang dimiliki masyarakat.

                    2. Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melaui berbagai                     macam kegiatan, seperti pendidikan dan pelatihan, guna                     menambah wawasan serta pengetahuan sesuai                     perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

                    3. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan kepada                     seluruh warga yang membutuhkan (sesuai tingkat ekonomi                     masyarakat).

                    4. Menjamin pemerintahan yang bersih, jujur dan akuntable.

                    5. Menjamin hak politik/aspirasi kaum perempuan dalam                     proses pembangunan pemerintahan desa.


    C. Geografi

                    Kampung Biatan Ilir secara administrasi masuk dalam wilayah     Kecamatan Biatan Kabuaten Berau dengan luas wilayah + 12.390,5     ha. Secara Geografis Kampung Biatan Ilir berada pada titik kordinat     lintang 1°2’33” LU dan 116°11’9” BT. Dengan batas-batas wilayah     sebagai berikut :

               - Batas sebelah Utara berbatasan dengan Kampung Karangan.

               - Batas sebelah Timur berbatas dengan Kecamatan Talisayan.

               - Batas sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai               Timur.

               - Batas sebelah Barat berbatasan dengan Kampung Biatan               Lempake.

                    Biatan Ilir berada dalam jajaran kampung wilayah pesisir     Kabupaten Berau. Jarak Kampung Biatan Ilir ke Tanjung Redeb     adalah ± 136 km. Jarak Kampung Biatan Ilir dengan Kecamatan     Biatan adalah ± 4 km. Jarak Biatan Ilir ke Kecamatan Talisayan ± 16     km. Jarak Kampung Biatan Ilir ke ibu kota propinsi di Samarinda     adalah ± 235 km.


    D. Demografi

                    Menurut data sampai akhir tahun 2017, jumlah seluruh     penduduk kampung Biatan Ilir yang tersebar pada 4 (empat) RT     adalah tercatat sebanyak 908 jiwa dalam 264 rumah tangga. Data     tersebut termuat dalam tabel beberapa kategori dasar     kependudukan, yaitu sebagai berikut :

                    Data Kepala Keluarga Kampung Biatan Ilir    

                                                                    RT 01   RT 02   RT 03   RT 04

        Kepala Keluarga   Laki-laki          70         76         58         40 

                                          Perempuan    10         4            4           2         

        Jumlah                                              80         80         62         42 


                    Data Jumlah Penduduk Kampung Biatan Ilir

                                                                    RT 01   RT 02   RT 03   RT 04

        Jenis Kelamin        Laki-laki         126      159       142       64

                                          Perempuan    145      130       102      40

        Jumlah                                              271      289       244      104 


                    Data Usia Penduduk Kampung Biatan Ilir


      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    KELOMPOK USIA 0 - 5 Tahun 27 23 15 3 68

     6 - 10 Tahun 23 29 32 10 94

     11 - 15 Tahun 31 31 36 8 106

     16 - 20 Tahun 28 27 36 7 98

     21 - 25 Tahun 19 26 24 4 73

     26 - 30 Tahun 19 20 12 12 63

     31 - 35 Tahun 24 25 14 9 72

     36 - 40 Tahun 36 31 15 11 93

     41 - 45 Tahun 12 21 23 10 66

     46 - 50 Tahun 14 26 10 14 64

     51 - 55 Tahun 11 9 10 3 33

     56 - 60 Tahun 7 2 8 2 19

     > 61 Tahun 20 14 3 8 45

     Tidak diketahui 0 5 6 3 14

    JUMLAH 271 289 244 104 908

    Tabel No. 5

    Data Marital Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    STATUS Lajang (belum/ menikah) 121 141 126 35 423

     Menikah 134 138 111 63 446

     Janda 11 4 5 3 23

     Duda 5 6 2 3 16

    JUMLAH 271 289 244 104 908

    Tabel No. 6

    Data Agama Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    AGAMA Islam 226 281 244 104 855

     Protestan 29 8 0 0 37

     Katolik 16 0 0 0 16

     Hindu 0 0 0 0 0

     Budha 0 0 0 0 0

    JUMLAH 271 289 244 104 908

    ? Pendidikan

    Sarana pendidikan yang tersedia di kampung Biatan Ilir antara lain satu Sekolah Dasar Negeri yang berada di RT 02 dan Madrasah Tsanawiah (MTs) yang berada di RT 03. Selain itu terdapat satu sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada di RT 01. Fasilitas pendidikan tersebut saat ini kondisinya bagus dan masih digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

    Tabel No. 7

    Data Pendidikan Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    PENDIDIKAN Belum Sekolah (Balita) 27 27 16 12 82

     Tidak sekolah (Buta Huruf) 0 7 1 0 8

     Tidak Tamat SD 32 18 1 2 53

     Paud dan Sederajat 11 8 6 0 25

     TK dan sederajat 0 0 1 1 2

     SD dan sederajat 121 140 79 55 395

     SLTP dan sederajat 39 43 45 24 151

     SLTA dan sederajat 35 42 56 8 141

     Diploma - 2 3 1 6

     Sarjana (S1) 4 1 10 0 15

     Pasca Sarjana (S2) 0 0 1 0 1

     Tidak diketahui n.a n.a n.a n.a 29

    JUMLAH 271 289 244 104 908

    ? Kesehatan

    Sarana kesehatan yang tersedia di Biatan Ilir berupa satu Puskemas Pembantu (Pustu) dan satu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang berada di RT 02. Fasilitas kesehatan tersebut kondisinya masih baik dan aktif memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan.

    Tabel No. 8

    Data Gol Darah Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    GOLONGAN DARAH A 5 3 14 0 22

     A+ 0 0 1 0 1

     B 6 1 3 10

     B+ 1 0 0 0 1

     AB 2 0 4 1 7

     O 6 13 6 1 26

     Tidak Tahu 251 272 216 102 841

    JUMLAH 271 289 244 104 908

    Tabel No. 9

    Data Penyakit Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    PENYAKIT

     - 235 277 238 67 817

     Alergi 1 0 0 0 1

     Amandel 0 0 1 0 1

     Asam Lambung 0 1 0 0 1

     Asam Urat 5 1 0 1 7

     Asma 0 2 0 0 2

     Batuk 2 1 0 0 3

     Demam 7 0 0 7 14

     Ginjal 0 1 0 0 1

     Gula Darah 1 0 0 0 1

     Infeksi Lambung 0 0 1 0 1

     Kencing Batu 0 0 0 1 1

     Keram 1 0 0 0 1

     Kolesterol 0 0 0 2 2

     Lambung 1 1 1 1 4

     Maag 1 1 2 0 4

     Malaria 5 2 0 7 14

     Sakit Gigi 1 0 1 2

     Sakit Kepala 7 0 1 15 23

     Sesak Nafas 1 0 0 0 1

     Stroke 0 1 0 0 1

     Tekanan Darah 2 1 0 2 5

     Typus 1 0 0 0 1

    JUMLAH 271 289 244 104 908

    Tabel No. 10

    Data Kartu Kesehatan Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    KARTU SEHAT

     ASKES 0 1 7 0 8

     BPJS 12 8 0 2 22

     Jamkesda 0 1 3 0 4

     KIS 2 2 1 0 5

     SKTM 0 0 0 1 1

     Tidak Punya 257 277 233 101 868

    JUMLAH 271 289 244 104 908

    Tabel No. 11

    Data KematianBayi Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    5 Tahun terakhir Bayi Meninggal 4 2 2 3 11

    SEBAB Tidak Tahu 0 2 1 3 6

     Kangker Darah 0 0 1 0 1

     Kurang Gizi 2 0 0 0 2

     Prematur 1 0 0 0 1

     Sungsang 1 0 0 0 1

    Tabel No. 12

    Data KB Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    KB

     IUD 3 8 0 0 11

     MOW 0 1 0 0 1

     PIL 14 1 1 0 16

     SPIRAL 0 1 0 0 1

     SUNTIK 9 24 1 0 9

     IMPLAN 1 0 0 0 1

    JUMLAH 27 35 2 0 39

    Tabel No. 13

    Data Pelayanan Posyandu Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI SUB KATEGORI RUKUN TETANGGA (RT) JUMLAH

      RT 01 RT 02 RT 03 RT 04

    PELAYANAN POSYANDU Jumlah Balita 25 21 7 2 55

     Jumlah Lansia 26 24 5 5 60

     Ibu Hamil 4 2 1 2 9

     Jumlah Ibu Menyusui 7 5 6 1 19

    ? Infrastruktur Dasar dan Pemukiman

    Infrastruktur dasar dan pemukiman yang ada di kampung Biatan Ilir secara garis besar adalah sebagai berikut :

    Tabel No.14

    Sarana dan PrasaranaKampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    No Jenis Asset Lokasi Jumlah/Volume Kondisi

    1 Gereja RT 01 1 Baik/ sudah tua

    2 PAUD RT 01 1 Baik

    3 Kantor Koperasi RT 01 1 Baik

    4 Balai Pertemuan Umum RT 01 1 Baik

    5 Lapangan bola RT 01 1 Baik

    6 Lapang bulu tangkis RT 01 1 Baik

    7 Lapangan volly RT 01 1 Baik

    8 Jalan usaha tani RT 01 32,33 km Belum Sempurna

    9 Kantor Kampung RT 01 1 Baik

    10 Pustu RT 03 1 Baik

    11 Balai Penyuluh RT 02 1 Baik

    12 Balai Pertemuan Petani RT 02 1 Belum Sempurna

    13 Lumbung Padi RT 02 1 Rusak

    14 Sekolah SDN 001 RT 02 1 Baik

    15 Pompa Air PLTS RT 02 2 Baik

    16 Jaringan Bersih RT 02, 03 8 Km

    17 Balai Benih RT 02 1 Baik

    18 Pos Yandu RT 02 1 Baik

    19 Jembatan RT 01, 02, 03 7 Baik

    20 MTS RT 03 1 Baik

    21 Masjid RT 03 2 Baik

    22 PLTS 5 KWP RT 04 1 Baik

    23 Jalan Kampung RT 01, 02 6,97 Km Belum Sempurna

    24 Jalan Lingkungan RT 03 0,97 Km Belum Sempurna

    25 Sumur Bor RT 01, 03 20 Baik

    Tabel No.15

    Jumlah dan Jenis Asset Keluarga warga Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI JENIS ASSET RUKUN TETANGGA JUMLAH

      RT 1 RT 2 RT 3 RT 4

    KEPEMILIKAN LAHAN n.a 16 13 7 7 43

     Milik Sendiri 60 63 47 36 206

     Numpang 1 0 1 0 2

     Pinjam 6 8 12 0 26

    KEPEMILIKAN RUMAH Milik Sendiri 60 67 49 35 211

     Numpang 15 10 10 6 41

     Pinjam 5 1 2 1 9

     Sewa 1 1 1 0 3

    KENDARAAN Mobil 0 0 2 1 3

     Motor 60 66 55 32 213

     Motor Dan Mobil 7 0 1 1 9

    TABUNGAN n.a 0 1 0 4 5

     Arisan 16 9 0 0 25

     Bank 11 14 6 0 31

     Koperasi 2 0 0 1 3

     Tidak Ada 54 60 61 38 213

    E. Ekonomi

    Kondisi ekonomi masyarakat kampung Biatan Ilir neraneka ragam. Hal ini disebakan karena mata pencaharian berada pada sektor yang berbeda-beda. Sebagian besar bermata pencaharian di sektor non formal seperti petani/pedagang.

    Tabel No.16

    Jenis Pekerjaan Penduduk Kampung Biatan Ilir

    Kecamatan Biatan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur

    KATEGORI JENIS RUKUN TETANGGA JUMLAH

      RT 1 RT 2 RT 3 RT 4

    PEKERJAAN UTAMA Petani/ peladang 58 69 52 39 218

     Buruh perkebunan 5 3 - 6 14

     Karyawan 16 11 11 0 38

     Wiraswasta/ pedagang 10 3 2 2 17

     Pegawai negeri sipil 0 0 1 0 543

     Anggota TNI/ Polri 1 0 0 0 1

    F. KONDISI PEMERINTAH KAMPUNG

    ? Pembagian Wilayah Kampung

    Pembagian wilayah Kampung Biatan Ilir dibagi menjadi 4 (Empat) RT, pusat Kampung berada di RT 01 (Satu), setiap RT dipimpin oleh seorang Ketua RT.

    ? Struktur Organisasi Pemerintah Kampung (SOPK)

    Struktur Organisasi Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan menganut Sistem Kelembagaan Pemerintahan Kampung dengan Pola Minimal, belum mengacu pada Struktur Undang-Undang No. 6 tahun 2014 Tentang Desa, selengkapnya disajikan dalam gambar sebagai berikut :

    BAGAN STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN KAMPUNG BIATAN ILIR KECAMATAN BIATAN - KABUPATEN BERAU

    Struktur Organisasi Pemerintah Kampung Beserta Kelembagaan Kampung

    A. Aparatur Kampung

    Kepala Kampung : Abdul Hafid

    Sekretaris Kampung : Yusuf Fatahuddin

    Kaur Pemerintahan : Anwar

    Kaur Umum : Abdul Rahman

    Kaur Pembangunan : Hermansyah

    Staf Administrasi : Irma Suliyanti

    B. BPK

    Ketua : Muh. Ali

    Wakil : Saifullah

    Sekretaris : Aliansyah

    Anggota : Fatmawati

    Anggota : Margareta

    C. LPM

    Ketua : Samsu

    Sekretaris : Suwardi

    Bendahara : Agus Aming

    Anggota : Michael Syahrul

    Anggota : Ramli

    Anggota : Kamaruddin

    Anggota : Saharuddin

    Anggota : Johan

    Anggota : Budi

    Anggota : M Idris

    Anggota : Sumiati

    Anggota : Darmawati

    Anggota : Hermansyah

    D. Ketua RT

    RT 01 : Ramli

    RT 02 : Michael Syahrul

    RT 03 : Kamaruddin

    RT 04 : Saharuddin

    E. TP PKK

    Ketua : Misnawati

    Sekretaris : Mulyana

    Bendahara : Siti Habibah

    Ketua Pokja I : Rina Mariyana

    Sekretaris : Nurmina

    Bendahara : Margareta

    Ketua Pokja II : Murni Mutang

    Sekretaris : Nurhayati

    Bendahara : Mardiana

    Ketua pokja III : Satriana

    Sekretaris : Saidah

    Bendahara : Muliyati

    Ketua Pokja IV : Fatmawati

    Sekretaris : Hamidah

    Bendahara : Siti Uriyah

    F. Posyandu Balita

    Ketua : Fatmawati

    Sekretaris : Hamidah

    Bendahara : Halija

    Anggota : Satriana

    Anggota : Siti Uriya

    Anggota : Mardiana

    Anggota : Hanira

    Anggota : Saida

    Anggota : Sumiyati

    Anggota : Siti Halija

    G. Posyandu Lansia dan Posbindu

    Ketua : Munazira

    Sekretaris : Nurmina

    Bendahara : Rosmiati

    Anggota : Sumiati

    Anggota : Nuraida

    H. Karang Taruna

    Ketua : Syarifuddin

    Sekretaris : Johan

    Bendahara : Agus Aming

    I. Perpustakaan

    Ketua : Rahmatia

    Pelayan : Radina Andriani

    Pengelola : Satriana

    J. Kelompok Shalawatan

    Ketua : Rabiah

    Sekretaris : Kamaria

    Bendahara : Kristina

    K. Kelompok Majelis Taklim

    RT 02 Ketua : Rina Mariyani

                Sekretaris : Sumiyati

                Bendahara : Sumiati

    RT 03 Ketua : Mualimah

                Sekretaris : Nur Sakinah

                Bendahara : Mutirah

    L. Kelompok Tani

    1. Kelompok Tani Mekar Sari Jaya

     Ketua : Aliansyah

     Sekretaris : Markus

     Bendahara : Jupri

    2. Kelompok Tani Bareng-bareng Maju

    Ketua : Ramli

    Sekretaris : Yusuf Fatahuddin

    Bendahara : Kaharuddin

    3. Kelompok Tani Biatan Bersatu

    Ketua : Sahidan

    Sekretaris : Saini

    Bendahara : Kaharuddin

    4. Kelompok Tani Tunas Muda

    Ketua : Makmuluddin

    Sekretaris : Sukur

    Bendahara : Tarman

    5. Kelompok Tani Biatan Dua

    Ketua : Kaharuddin

    Sekretaris : Nursani

    Bendahara : Sahna

    6. Kelompok Tani Harapan Jaya

    Ketua : Abdul Haris

    Sekretaris : Muhsin

    Bendahara : Daim Ali

    7. Kelompok Tani Harapan Makmur

    Ketua : M. Arifin

    Sekretaris : Darwis

    Bendahara : Burhan

    8. Kelompok Tani Sumindal Jaya

    Ketua : Kaharuddin

    Sekretaris : Fajar

    Bendahara : Abdul Latip

    9. KWT Biatan Bersinar

     Ketua : Mei Harni

     Sekretaris : Fatmawati

     Bendahara : Nurhayani

    M. Gapoktan

    Ketua : Darullah

    Sekretaris : Sahidan

    Bendahara : Yusuf Fatahuddin

    N. Opja

    Ketua : Anwar

    Sekretaris : Suardi

    Bendahara : Kaharuddin

    Operator : Nursani

      Hasanuddin

      Salam Tugianto

      Ahyar Rasidin

    O. BUMK

    Ketua : Muhsin

    Sekretaris : Ahmad Syah

    Bendahara : Samsu

    Anggota : Agus Salim

    P. Lembaga Adat

    Ketua : Aliansyah

    Sekretaris : Yonatan

    Bendahara : Markus

    Q. P3A

    Ketua : Sahidan

    Sekretaris : Kaharuddin

    Bendahara : Samsu


    Statistik Kampung


    Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

    Jumlah Jiwa

    Jumlah Kepala Keluarga

    Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

    Keluarga yang Memiliki Balita

    0

    Keluarga yang Memiliki Remaja

    0

    Keluarga yang Memiliki Lansia

    0

    PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

    Total

    0 Jiwa

    PUS dan Kesertaan Ber-KB

    Total

    0 Jiwa

    Struktur Badan Pengurus


    Sarana dan Prasarana


    Sekretariat KKB

    Belum ada

    BKB

    Belum ada

    BKR

    Belum ada

    BKL

    Belum ada

    Kelompok UPPKS

    Belum ada

    PIK-R

    Belum ada

    Rumah Dataku

    Belum ada

    Dukungan terhadap Kampung KB


    Sumber dana

    Belum isi

    Kepengurusan/pokja KKB

    Tidak ada

    SK pokja KKB

    Tidak ada

    PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

    Tidak ada, Diarahkan oleh

    Regulasi dari pemerintah daerah

    Tidak ada,

    Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

    Tidak ada

    Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

    0 orang pokja terlatih
    dari 0 orang total pokja

    Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

    Tidak

    Mekanisme Operasional


    Rapat perencanaan kegiatan

    Tidak ada

    Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

    Tidak ada

    Sosialisasi kegiatan

    Tidak ada

    Monitoring dan evaluasi Kegiatan

    Tidak ada

    Penyusunan laporan

    Tidak ada