Profil

KAMPUNG KB GAS ALAM BADAK I

Gambaran Umum


 KONDISI UMUM

Desa Gas Alam Badak I terhitung baru, jika ditilik dari usianya yang baru menginjak usia 11 tahun sejak ditetapkan menjadi Desa Definitif pada tahun 2007 yang lalu, namun geliat pembangunan fisik maupun manusianya terus diupayakan tanpa kenal lelah oleh Kepala Desa dan seluruh aparatnya.

Sebagai desa yang baru berkembang dan masih berbenah, tentu masih sangat banyak kekurangannya, tidak terkecuali yang terkait dengan Program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga).

Hal tersebut bukan hanya terjadi pada Desa Gas Alam Badak I, namun telah menjadi permasalahan umum dihampir semua desa di Indonesia. Peran Pemdes yang belum optimal tersebut, lebih disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang Program KKBPK.

Padahal peran pemerintahan desa yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, salah satunya adalah berperan sebagai Pemimpin Operasional Program KKBPK.

Selanjutnya dalam Pasal 67 Ayat (2) Undang-undang tentang Desa tersebut, dua hal dari lima kewajiban pemerintah desa adalah Mengembangkan Pemberdayaan Masyarakat dan Memberikan serta Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Desa.

Ditambah dengan Undang undang no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa Urusan Pemerintahan Wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar salah satunya adalah Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Selanjutnya, belum adanya Komitmen Pemerintah Desa sebagai salah satu Penanggung Jawab terlaksananya Program KKBPK, dengan menyadari bahwa  Program KKBPK adalah salah satu   program pembangunan yang menjadi tugas dan kewenangan kepala desa dan pemerintahan desa serta menjadi urusan wajib yang harus dilaksanakan, berkaitan dengan pelayanan dasar dan menjadikannya sebagai program sektoral yang terintegrasi  dengan pembangunan desa.

Sebagai salah satu agenda pembangunan nawa cita, program KKBPK harus dilaksanakan pemerintahan desa  dan pelaksanaannya  harus sukses di desa. Namun sebelum adanya Program Kampung KB, peranan Kepala Desa belum maksimal untuk menjalankan Tata Kelola Program KKBPK yang tertuang dalam 4 fungsi sebagai berikut:

1.    Sebagai Pelaksana Advokasi
Kepala Desa melakukan upaya untuk  mengajak, membujuk dan memotivasi   para pembuat kebijakan (Bupati, Camat, UPTB KB, Puskesmas, MUI Kecamatan/Desa, BPD dan para pembuat kebijakan lainnya) agar mengeluarkan regulasi  KKBPK  terutama  yang berpihak   kepada   masyarakat marginal.

2.    Sebagai Pelaksana Motivasi
Kepala Desa melakukan upaya untuk membujuk, mengajak seseorang atau kelompok (Ketua RT, Petugas Kesehatan, Kelompok Kegiatan dan Masyarakat luas) agar yang dimotivasi mau melaksanakan materi yang disampaikan oleh komunikator

3.    Sebagai Pelaksana Pemberdayaan
Kepala Desa melakukan upaya untuk menggali, menelaah potensi seseorang  atau  kelompok  kemudian  di  fasilitasi  agar potensi tersebut dimanfaatkan oleh yang bersangkutan. Misalnya memberdayakan kelompok remaja agar mereka berkiprah untuk menggalang dan membudayakan agar di desanya agar tidak terjadi kawin muda.

4.    Sebagai Pelaksana Fasilitasi
Kepala Desa melakukan upaya untuk memberikan bantuan, jalan serta penggerakan lainnya agar sesuatu yang sudah ada berjalan lancar menuju ke arah yang lebih baik. Misalnya memberikan baju seragam, memberikan reward dan sebagainya.
Beberapa potensi wilayah yang telah dimiliki oleh Desa Gas Alam Badak I, untuk mendukung Pencanangan Program Kampung KB

1.    Potensi Kegiatan
•    Kelompok Tani (Kelompok Tani Karya Pemuda Gas Alam, Kelompok Tani Berkah Terang, Kelompok Tani Wanita Subur Lestari, Kelompok Tani Padaidi, Kelompok Tani Wira Karya, Kelompok.Tani Subur Makmur, Kelompok Tani Tengko Situru, Kelompok Tani Marendeng dan Kelompok Tani Cita Mandiri).
•    Kelompok Olahraga (Persatuan Bulu Tangkis Mitra Gas Alam)
•    Kelompok Majelis Ta’lim (Majelis Ta’lim Dasawisma Gas Alam, Kelompok Yasinan Al-Madani, Kelompok Pengajian Al-Istiqomah)
•    Kelompok Ekonomi (Persatuan Pelaku UKM)
•    Kelompok Pemuda (Komunitas Musik Anti Narkoba)

2.    Potensi Pelayanan Kesehatan
•    Satu (1) unit Klinik Kesehatan
•    Tiga (3) unit Praktek Bidan
•    Satu (1) unit Puskesmas Pembantu (Pusban)
•    Satu (1) unit Posyandu Lansia
•    Tujuh (7) unit Posyandu yang tersebar secara merata di wilayah administratif Desa Gas Alam Badak I dengan jumlah Kader Posyandu yang memadai.

Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

Jumlah Jiwa

5499

Jumlah Kepala Keluarga

1230

Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita

460

Keluarga yang Memiliki Remaja

435

Keluarga yang Memiliki Lansia

268

PUS dan ketidaksertaan Ber-KB

Total

198 Jiwa

PUS dan Kesertaan Ber-KB

Total

582 Jiwa

Struktur Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Sekretariat KKB

15 March 2020

BKB

15 March 2020

BKR

15 March 2020

BKL

15 March 2020

Kelompok UPPKS

15 March 2020

PIK-R

15 March 2020

Rumah Dataku

15 March 2020

Dukungan terhadap Kampung KB


Sumber dana

Ya, Dana Desa Swadaya Masyarakat Donasi/ Hibah Masyarakat APBD

Kepengurusan/pokja KKB

Ada

SK pokja KKB

Ada

PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan

Ada Dela Puspa Octavia 0

Regulasi dari pemerintah daerah

Ada, SK Kecamatan tentang Kampung KB

Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB

Ada

Jumlah pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB

2 orang pokja terlatih
dari 41 orang total pokja

Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan

Ya, PK dan Pemutahiran Data

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan

Ada, frekuensi: Tahunan

Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Sosialisasi kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Monitoring dan evaluasi Kegiatan

Ada, frekuensi: Bulanan

Penyusunan laporan

Ada, frekuensi: Tahunan