Optimalisasi Pelayanan Publik: Mahasiswa Berkontribusi Nyata, Wujudkan Good Governance di Tingkat Lokal

SEHATI kel. BANJARSARI SOLO
Dipublikasi pada 19 August 2024

Deskripsi

Surakarta, 15/8/2024 – Pelayanan publik adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan utama dari pelayanan publik adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai layanan, serta menjamin tercapainya tujuan pembangunan nasional. Mahasiswi KKN dari Universitas Diponegoro Program Studi Ilmu Pemerintahan, Meiga Puspita Anggraini menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap pembangunan daerah dengan aktif berpartisipasi dalam upaya  inovatif untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memasang standing banner di area pelayanan. Banner ini berisi informasi lengkap mengenai persyaratan yang dibutuhkan untuk setiap jenis layanan. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi dan menghindari kesalahan dalam pengurusan dokumen. Program yang diinisiasi adalah “Program Pelayanan Publik Melalui Inovasi Standing Banner di Kantor Kelurahan Banjarsari Guna Mewujudkan Good Governance” adanya program tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat mengakses informasi terkait pelayanan publik dan meningkatkan efisiensi pelayanan administrasi. 

Proses pembuatan dan pemasangan standing banner ini melibatkan kerja sama antara Kasi Pelayanan Publik dengan Mahasiswi Universitas Diponegoro. Desain banner dibuat semenarik mungkin agar mudah dipahami oleh masyarakat. Pemilihan lokasi pemasangan banner juga dilakukan secara strategis, yaitu di tempat yang mudah terlihat dan diakses oleh masyarakat. Adapun jenis-jenis persyaratan yang tercantum pada standing banner yaitu Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP-Elektronik, Kartu Identitas Anak, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Keluarga dan Surat Keterangan Waris. 

Pelayanan publik merupakan hak setiap warga negara. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Partisipasi aktif dari semua pihak, baik pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat, sangat diperlukan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

Penulis Meiga Puspita Anggraini

DPL : Prof. Dr. Ir. Siswanto Imam Santoso, M.P.

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan