Pertemuan Dashat untuk Keluarga Baduta

BERKAH MANDIRI
Dipublikasi pada 20 September 2023

Deskripsi

Salah satu program yang diharapkan ada di Kampung Keluarga Berkualitas yaitu Dapur Sehat Atasi Stunting atau yang bisa disingkat DASHAT. Dashat merupakan wadah bagi masyarakat yang memiliki keluarga balita untuk bisa mendapatkan ilmu, pengetahuan, dan PMT untuk balita yang sehat dan bergizi. Tujuannya adalah untuk membantu mencegah dan menurunkan angka stunting pada balita di Kampung KB. Konsep Dashat adalah swadaya, yaitu dari, oleh, dan untuk masyarakat. Guna mensosialisasikan program Dashat dan pentingnya pemberian MPASI yang bergizi pada keluarga baduta, maka diperlukan pertemuan yang mengundang para ibu dengan baduta di Kampung KB Berkah Mandiri. Dashat pertama sudah dilaksanakan di bulan Juli 2023 dengan mengundang 25 ibu dengan bayi 6-8 bulan, sedangkan Dashat kedua ini mengundang 25 ibu dengan anak usia 12-24 bulan.

Di kegiatan Dashat ini, penyuluh KB pembina desa menyampaikan materi terkait MPASI sehat, kemudian dilanjutkan praktek pembuatan MPASI 4 bintang oleh kader Dashat untuk anak usia 12-24 bulan dengan menu keluarga yaitu nasi, ayam cincang, sayur bayam, dan tempe goreng. Setelah praktek selesai, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait permasalahan yang dialami oleh para ibu baduta dan solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Kedepannya program Dashat diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah dan menurunkan angka stunting di Kampung KB Berkah Mandiri Desa Gunungjati. 

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan