Pembinaan BKB kepada keluarga Baduta

BERKAH MANDIRI
Dipublikasi pada 21 April 2024

Deskripsi

BKB yang ada di Kampung Keluarga Berkualitas Berkah Mandiri adalah BKB Berkah Mandiri. BKB ini terintegrasi dengan PAUD, dimana anggotanya merupakan wali murid siswa PAUD yang kisaran usianya antara 4-6 tahun. Pembinaan dilakukan rutin setiap sebulan sekali oleh kader BKB yang juga merupakan guru PAUD. Guna meningkatkan cakupan sasaran, maka diperlukan pembinaan BKB dengan sasaran keluarga yang memiliki balita selain rentang usia 4-6 tahun, dalam hal ini keluarga yang memiliki baduta usia 6-23 bulan. Harapannya agar keluarga baduta bisa mendapatkan update ilmu pengasuhan baduta terutama terkait pemberian MPASI yang adekuat & bergizi guna mencegah stunting di masa 1000 HPK. Harapannya agar angka stunting di kampung KB Berkah Mandiri bisa turun. 

Terkait hal tersebut, maka pada hari Senin, 22 April 2024 pk 09.00 bertempat di PAUD Hasan Bisri Desa Gunungjati diadakan pembinaan BKB mengundang 23 ibu-ibu yang memiliki anak usia 6-23 bulan. Agenda kegiatan pembinaan BKB yaitu:

1.       Sosialisasi terkait program Kampung Keluarga Berkualitas

2.       Pemaparan materi terkait stunting, MPASI, dan GTM oleh penyuluh KB pembina desa

3.       Diskusi terkait permasalahan yang dialami oleh para anggota BKB dalam menyiapkan dan memberikan MPASI kepada badutanya

4.       Kesepakatan dan komitmen agar para anggota BKB bisa memberikan MPASI yang adekuat & bergizi kepada badutanya setiap hari dalam rangka pencegahan stunting

 Dari kegiatan tersebut, diharapkan peserta mendapatkan update informasi terkait MPASI dan GTM dan bisa menerapkannya kepada anak badutanya agar anak badutanya bisa tumbuh sehat dan terbebas dari stunting.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan