Peran Orangtua dalam mendampingi Fase Perkembangan Reproduksi Anak

MITRA MANDIRI
Dipublikasi pada 24 April 2024

Deskripsi

Pengetahuann terkait Pendidikan seksual sejak dini diperlukan bagi orangtua balita dalam mendampingi fase-fase perkembangan seksual pada anak. Salah satunya pada Fase Phallic (3-6 tahun), anak mulai peka terhadap rangsangan di sekitar alat kelamin sehingga sering terjadi anak memainkan atau memegang-megang alat kelaaminnya. Hal tersebut wajar namun orangtua perlu memberi pengarahan yang sesuai agar tidak berpengaruh pada kelainan karakter anak dikemudian hari. 

Arahkan anak dengan benar, jangan membuatnya malah penasaran dan melakukannya secara sembunyi-sembunyi sehingga menimbulkan kecanduan. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan pembinaan terkait pelaksanaan BKB di Kampung KB Mitra Mandiri Desa Cikura agar para anggota BKB mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak-anaknya.

Kegiatan dilaksanakan dengan rangkaian acara sebagai berikut :
a. Pemaparan materi dengan pengenalan organ reproduksi anak, perkembangan fase seksual anak, cara menjaga organ, cara menghindari pelecehan seksual pada anak serta cara memberikan pengarahan kepada anak sesuai dengan fase perkembangan seksual anak oleh Penyuluh KB Pembina Desa, Annisa Royyanuz Zahro, S.Sos.
b. Diskusi terkait permasalahan yang dialami oleh para anggota BKB dalam mengasuh anak-anak usia dini atau balita di keluarga masing-masing

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan