Gambaran Umum
PROFIL DESA TUWEL
A. KEPENDUDUKAN
Desa Tuwel terdiri dari 8 RW dan 31 RT. Jumlah Kepala Keluarga 2.743 (Pendataan Keluarga Tahun 2021), dengan jumlah KK Laki- laki 2.485 dan KK Perempuan 258.
Berdasarkan data yang diperoleh dari pemerintah desa Tuwel, berikut rincian jumlah KK dan jenis-jenis mata pencaharian penduduk desa Tuwel :
No | Mata Pencaharian | Jumlah |
1 | Buruh Tani | 704 |
2 | Petani | 904 |
3 | Peternak | 11 |
4 | Pedagang | 603 |
5 | Tukang Kayu | 27 |
6 | Tukang Batu | 24 |
7 | Penjahit | 42 |
8 | PNS | 108 |
9 | Pensiunan | 42 |
10 | TNI/Polri | - |
11 | Perangkat Desa | 7 |
12 | Pengrajin | - |
13 | Industri Kecil | 26 |
14 | Buruh Industri | 3 |
15 | Supir | 28 |
Adapun jumlah KK sesuai kategori tingkat kesejahteraan keluarga, yaitu :
- Jumlah KK Prasejahtera : 327
- Jumlah KK Sejahtera : 132
- Jumlah KK Kaya : 189
- Jumlah KK Sedang : 1136
- Jumlah KK Miskin : 817
B. SEJARAH SINGKAT KAMPUNG KB
Program Kampung KB di Desa Tuwel Kecamatan Bojong diawali dari Kegiatan Refreshing tematik Kampung KB bagi penyuluh kb pada bulan April 2016 di KKB Banyumas dan Pelatihan Pengelola Kampung KB (diikuti oleh kader Desa Tuwel) yang ditindaklanjuti dengan pembentukan Kampung KB Pandansari di wilayah RW IV Desa Tuwel Kecamatan Bojong. Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan karena rendahnya capaian keikutsertaan ber-KB Desa Tuwel, khususnya di wilayah RW IV dengan cakupan peserta aktif KB 86 dari 201 pasangan usia subur (42,79 %) dengan pilihan metode kontrasepsi jangka panjang 9 dari 86 (10,47 %). Unmetneed di RW 4 mencapai 40 dari 201 pus (19,9 %), di atas rata-rata Desa Tuwel yakni 267 dari 1.627 pus (16,41 %), serta keberadaan Poktan yang belum lengkap (BKB, BKR, BKL, dan Pik Remaja belum ada). Capaian di beberapa indikator bidang kesehatan juga masih rendah seperti Asi Eksklusif (48%), Jamban Sehat (30%), kebiasaan merokok (hanya 26% kk yang bebas merokok).
Cakupan wilayah Kampung KB yang berdiri sejak 24 Mei 2017 ini diawal berdirinya memang masih dalam lingkup RW, yakni di RW IV, sebagaimana juknis pembentukan pada saat itu. Namun sejak tahun 2022 lingkup Kampung KB diperluas menjadi tingkat desa. Kepengurusan Pokja Kampung KB sendiri sudah mengalami beberapa pergantian, yakni di bulan Maret 2019 dan di Tahun 2022 setelah diluaskan cakupannya ke tingkat desa sehingga ada resufle dengan penambahan pengurus dari wilayah RW lainnya.
C. KELOMPOK KEGIATAN DI KAMPUNG KB
Kelompok kegiatan (Poktan) di Desa Tuwel per-31 Desember 2022 meliputi :
1. BKB
Kegiatan BKB dilaksanakan di kelompok masyarakat (1 kelompok yakni BKB Pandansari) dan di 3 PAUD di wilayah Desa Tuwel (BKB HI)
2. BKR
Ada 2 kelompok BKR di Desa Tuwel, yakni BKR Pandansari di wilayah RW IV serta BKR berbasis kelompok jamiyah di wilayah RW VI
3. BKL Pandansari di wilayah RW IV
4. Pik Remaja
a. Pik Remaja Gita Mutiara SMAN 1 Bojong (berbasis sekolah)
b. PIK Remaja Tiga Surau (berbasis masyarakat)
5. UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor)
a. Kartini Sejahtera
b. Bina Kartini
c. Putri Kartini
d. Kartini
e. Kartini Mandiri (Pro PN 2022)
6. KUBE (Kelompok Usaha Bersama)
a. Marta Kartika
b. Prima Mandiri
c. Bina Insani
d. Kartini
7. Rumah Data Keluarga
8. KWT
a. Kartini
b. Nawa Mulia
9. Posyandu 9 pos
10. TPK (Tim Pendamping Keluarga) 7 Tim
11. PKK
12. Kelompok Jamiyah
13. Bank Sampah
14. Posyandu Remaja
15. Posyandu Lansia
16. Rumah Anak Sigap (Program Tanoto Foundation)
D. KEGIATAN DI DESA TUWEL
1. Kegiatan ekonomi produktif
a. Produksi aneka makanan ringan khas, seperti Keripik Tempe, Manisan Pepaya, Manisan Cermai, Bawang Goreng, dan berbagai makanan basah/kering lainnya
b. Produksi aneka hasil pertanian seperti sayur dan bawang
2. Kegiatan pembinaan ketahanan keluarga (Tri Bina, UPPKA dan PIK-R)
3. Kegiatan keagamaan (jamiyahan)
4. Kegiatan Pendidikan melalui lembaga formal dan non formal
4. Kegiatan Sosial Masyarakat (santunan, donor darah, dan lain-lain)
5. Kegiatan Pendampingan keluarga beresiko stunting oleh TPK dengan sasaran catin, bumil, ibu baduta
6. Kegiatan Kesehatan melalui Penyuluhan Kesehatan di Posyandu, Olahraga Rutin Masyarakat, Audit Kasus Stunting, PMT Lokal kepada keluarga dengan balita stunting
7. Kegiatan Kemitraan dengan perusahaan swasta, organisasi formal atau informal
E. PELATIHAN KADER
1. Pelatihan Kampung KB pada tahun 2017 di Balai Diklat KKB Banyumas
2. Workshop Kampung KB di Surakarta pada tahun 2012
3. Pelatihan RDK tingkat Kecamatan pada tahun 2021
4. Pelatihan Website RDK tingkat Provinsi pada tahun 2022
5. Pelatihan PMBA pada tahun 2022 (bekerjasama dengan Tanoto Foundation)
6. Pelatihan Rumah Anak Sigap pada tahun 2023
7. Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas kepada Kader IMP dan Kader Poktan
F. SUMBER DANA
1. Dana Desa
2. BOKB
3. CSR
4. Swadaya
Statistik Kampung
Jumlah Jiwa 9827
Jumlah Kepala Keluarga 2969
Jumlah PUS 1754
Keluarga yang Memiliki Balita 900
Keluarga yang Memiliki Remaja 1736
Keluarga yang Memiliki Lansia 802
Jumlah Remaja 2566
Total
1104Total 650
Status Badan Pengurus

Sarana dan Prasarana

BKB
Bina Keluarga Balita (BKB)
Ada

BKR
Bina Keluarga Remaja (BKR)
Ada

BKL
Bina Keluarga Lansia (BKL)
Ada

UPPKA
Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA)
Ada

PIK R
Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R)
Ada

Sekretariat KKB
Sekretariat Kampung KB
Ada

Rumah Dataku
Rumah Data Kependudukan Kampung KB
Ada
Dukungan Terhadap Kampung KB
Sumber Dana |
Ya,
APBN Dana Desa Donasi/ Hibah Masyarakat Perusahaan (CSR) Swadaya Masyarakat |
Kepengurusan/pokja KKB | Ada |
SK pokja KKB | Ada |
PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan |
Ada,
Anna Shinta Dewi, S.IP. 197105232006042004 |
Regulasi dari pemerintah daerah |
Ada,
SK Kepala Desa/Lurah tentang Kampung KB |
Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB | Ada |
Jumlah anggota pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB |
19 orang pokja terlatih dari 23 orang total pokja |
Rencana Kegiatan Masyarakat | Ya |
Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan |
Ya,
PK dan Pemutahiran Data Data Rutin BKKBN Potensi Desa Data Sektoral Lainnya |
Mekanisme Operasional
Rapat perencanaan kegiatan | Ada, Frekuensi: Triwulan |
Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan | Ada, Frekuensi: Triwulan |
Sosialisasi Kegiatan | Ada, Frekuensi: Bulanan |
Monitoring dan Evaluasi Kegiatan | Ada, Frekuensi: Tahunan |
Penyusunan Laporan | Ada, Frekuensi: |