RAPAT PENCATATAN PELAPORAN POKJA KAMPUNG KB "MUGI LESTARI"

MUGI LESTARI
Dipublikasi pada 04 February 2025

Deskripsi

RAPAT PENCATATAN PELAPORAN POKJA KAMPUNG KB "MUGI LESTARI"

DESA DUKUH KECAMATAN BANYUDONO (BOKB)

 

Rapat

:

Rapat Pencatatan Pelaporan POKJA Kampung KB Desa Dukuh (BOKB) Kecamatan Banyudono

Hari / Tanggal

:

Rabu / 5 Februari 2025

Surat Undangan

:

Nomor 400.13/022/6.9/BP-KB/2025 tanggal 3 Februari 2025

Waktu Rapat

:

13.00 WIB – selesai

Tempat

:

Balai Desa Dukuh

Acara

:

1.     Pembukaan

2.     Sambutan

3.     Materi

4.     Lain – lain ( Diskusi dan Tanya jawab )

5.     Penutup

Peserta Rapat

:

1.     Pemerintah Desa Dukuh

2.     POKJA Kampung KB “Mugi Lestari” Desa Dukuh

3.     Pengurus Rumah Dataku Kampung KB

4.     Pengelola Data Desa

Kegiatan

:

 

1.     Jam 13.00 – 13.15 WIB

Registrasi peserta

2.     Jam 13.15 – 13.30 WIB

Pembukaan

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars KB

Doa

3.     Jam 13.30 – 13.35 WIB

Sambutan oleh Kepala Desa Dukuh

Ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran peserta rapat POKJA Kampung KB, serta ucapan terimakasih kepada balai penyuluh KB Banyudono atas kehadiran dan kesediaan dalam membina kampung KB desa Dukuh. Semoga dengan adanya pertemuan ini nanti kampung KB di Banyudono dapat berjalan aktif dengan peran serta masyarakat dan pada akhirnya dapat memajukan serta mensejahterakan masyarakat khususnya di Desa Dukuh

4.     Jam 09.35 – 10.45 WIB

Penyampaian Materi dari Penyuluh KB Kecamatan Banyudono (Frisca Nadhira Aulia, S.K.M) : Pencatatan Pelaporan POKJA dan Pengelolaan Rumah DataKu Berbasis Teknologi Informasi

Rumah Dataku adalah kelompok kegiatan (Poktan) masyarakat yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data kependudukan dan keluarga serta pembangunan di tingkat desa/kelurahan. Bentuk Rumah Dataku adalah Kelompok Kegiatan Berbasis masyarakat yang  bersifat fungsional dalam rangka  penyediaan data kependudukan  yang valid dan terbarukan. Melalui skema Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat. Adapun Kedudukan Rumah DataKu Kelompok kegiatan yang berdiri sendiri.  Namun pada pelaksanaannya merupakan  bagian dari sistem pembangunan  kependudukan, yang produknya dapat  dimanfaatkan oleh stakeholder (pemerintah,  masyarakat sipil atau swasta) untuk  meningkatkan akurasi intervensi program  pembangunan masyarakat.

Terdapat 5 Kegiatan Pokok Rumah DataKu yaitu:

1.     Pengumpulan dan Updating Data

2.     Pengolahan Data

3.     Analisis Data

4.     Penyajian Data

5.     Pemberian Masukan atas Temuan yang Dianggap Penting dan Perlu Ditindaklanjuti

Dalam penyelenggaraan Kampung KB, peranan Rumah DataKu adalah sebagai berikut:

 Ditinjau dari klasifikasinya terdapat 5 aspek yang diperlukan dalam Rumah DataKu yaitu:

1.     Orientasi Pengurus

2.     Sarana dan Prasarana

3.     Bentuk Penyajian Data

4.     Ketersediaan Data

5.     Pemanfaatan Data

Dalam Penyelenggaraannya, diperlukan beberapa Data Potensi Desa yang mencakup:

1.     Data Kependudukan

a.      Penduduk Per Kelompok Umur

b.     Jumlah Kk

c.      Penduduk Menurut Jenis Kelamin

d.     Pus, Wus

e.      Pus Hamil

f.      Penduduk Berdasarkan Usia Perkawinan

g.     Dll

2.     Luas Wilayah

3.     Jumlah Rw

4.     Jumlah Rt

5.     Data Poktan (Bkb, Bkr, Bkl, Uppka, Pik-R)

6.     Data Posyandu (Tingkat)

7.     Data Sekolah (Jenjang, Jenis, Status Akreditasi, Alamat)

8.     Data Jalan (Panjang, Kondisi)

9.     Bencana

10.  Fasilitas Umum / Rekreasi

11.  Fasilitas Kesehatan

12.  Fasilitas Ibadah

13.  Pasar

14.  Jumlah Anak Stunting/ Gizi Buruk

15.  Program Unggulan

 Selain Rumah DataKu, terdapat Website dalam pengelolaan Kampung KB yang disebut Website Kampung KB. Website ini mewadahi pelaporan kegiatan dan data seluruh Kampung KB yang dapat diakses serta dilengkapi secara berkala untuk menunjang status klasifikasi Kampung KB.

Kampungkb.bkkbn.go.id
username : admin.boyolali

password : password

Melalui Website ini dapat dilakukan update data profil Kampung KB dan melengkapi status kampung KB termasuk foto kegiatan yang dilengkapi dengan laporan/ringkasan kegiatan yang dilaksanakan. Dalam melakukan update dapat dilengkapi:

1.     Judul Kegiatan

2.     Tanggal

3.     Tempat

4.     Deskripsi

5.     Seksi Kegiatan

6.     Kategori Kegiatan

7.     Peserta Kegiatan

8.     Instansi

9.     Dokumentasi Kegiatan

5.     14.45 – 15.00 WIB

Diskusi dan Tanya Jawab

-        Penunjukkan perwakilan penanggungjawab upload kegiatan rutin

6.     15.00 – 16.00 WIB

Latihan pengisian kegiatan di Website Kampung KB dan aplikasi Rumah Dataku

Pengumpulan data untuk melengkapi Web Rumah Dataku dari Desa

7.     16.00 – selesai

Penutup. Ditutup dengan bacaan Hamdallah bersama

8.     Tindak Lanjut

-        Pengecekan kelengkapan data desa untuk melengkapi data dinding

-        Monitoring pengisian data di Rumah Dataku

-        Monitoring pelaporan kegiatan di Web Kampung KB


Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan