PEMBINAAN POKJA KAMPUNG KB - RUMAH DATAKU DAN PENCATATAN PELAPORAN

MUGI LESTARI
Dipublikasi pada 10 September 2023

Deskripsi

NOTULEN RAPAT

KEGIATAN OPERASIONAL KELOMPOK KERJA DI KAMPUNG KB (BOKB)

KAMPUNG KB MUGI LESTARI, DESA DUKUH

KECAMATAN BANYUDONO

 

Dasar Pelaksanaan      : Surat Undangan Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Banyudono

                                                             Nomor 005/085/6.9/BP-KB/2023 tanggal, 8 September 2023

 

Waktu Pelaksanaan    :

       Hari/Tanggal       : Senin / 11 September 2023

       Jam                      : 09.00 WIB - selesai

       Tempat                 : Sekretariat Kampung KB Mugi Lestari Desa Dukuh, Banyudono

 

Hasil Pelaksanaan       :

1.     Pembukaan        : dibuka oleh Pembawa acara dengan bacaan Basmallah bersama-sama.

2.     Sambutan           : oleh Kepala Desa Dukuh dengan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Pengurus Pokja Kampung KB, semoga dengan adanya pertemuan ini nanti akan lebih maju dan Semangat dalam turut mengembangkan program KKBPK.

3.     Kegiatan dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program Bangga Kencana di Kampung KB melalui Pertemuan Operasional Kelompok Kerja di Kampung KB.

4.     Kegiatan Pertemuan Kelompok Kerja di Kampung KB diikuti oleh 15 (lima belas) orang dari berbagai unsur yang ada pada masyarakat dibuka secara langsung oleh Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Banyudono dan juga dihadiri dapat berlangsung dengan antusias dari seluruh Peserta.

5.     Penyampaian Materi tentang “PANDUAN MODEL SOLUSI STRATEGIS DAMPAK KEPENDUDUKAN: RUMAH DATA KEPENDUDUKAN DI KAMPUNG KB

Latar belakang panduan yaitu Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan

Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, dalam bagian Data dan Informasi mengamanatkan pemerintah dan pemerintah daerah wajib mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi mengenai kependudukan dan keluarga. Kampung KB merupakan salah satu bentuk atau model miniatur pelaksanaan total Program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan kementerian/lembaga, mitra kerja, serta stakeholders instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, yang dilaksanakan di tingkatan pemerintahan terendah, sesuai prasyarat penentuan lokasi Kampung KB di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Tersedianya data dan indikator pembangunan yang terkini, valid dan terpercaya merupakan salah satu prasyarat penting bagi berdirinya Kampung KB.   Rumah data kependudukan berfungsi sebagai basis data dan informasi, serta pusat intervensi pembangunan di tingkat mikro penting untuk didirikan di kampung-kampung KB yang telah dibentuk di setiap kabupaten dan kota pada tahun 2016, dan di setiap kecamatan pada tahun 2017. Para pengelola program kependudukan, pemangku kepentingan dan mitra kerja dari unsur-unsur sebagai berikut:

 Perwakilan BKKBN Provinsi

 OPD KB Provinsi, OPD KB Kabupaten dan Kota

 Pemangku kepentingan dan mitra kerja di berbagai tingkatan wilayah

RDK merupakan Rumah yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro, mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi dan memanfaatkan data kependudukan yang bersumber dari, oleh dan untuk masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di Kampung KB dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

6.     Pencatatan dan Pelaporan Kampung KB

Manajemen Data adalah kegiatan pengelolaan sumber daya informasi yang meliputi pengumpulan, pencatatan dalam dokumen, penyimpanan dalam suatu sistem sehingga dapat diolah, dianalisis, disajikan dan dimanfaatkan oleh organisasi.

Adapun Kebutuhan Data di Tingkat Mikro mencakup :

-        Data Perlindukan Sosial

-        Potensi Desa/Kelurahan

-        Data Kuantitas Penduduk

-        Data Kualitas Penduduk

-        Data erpindahan Penduduk

-        Data Pembangunan Keluarga

-        Data Administrasi Kependudukan

Pencatatan Pelaporan dilakukan dengan 2 instrumen yaitu :

-        Aplikasi Rumah DataKu : media bagi kader RDK dalam pengelolaan manajemen data dan merekap 7 kelompok jenis data

-        Lembar Observasi : pencatatan hasil data observasi, pengambilan data observasi primer dan pengambilan data observasi sekunder

7.     Tindak Lanjut :

·       Updating papan data Kampung KB

·       Pokja Tertib Administrasi

·       Perencanaan penyusunan RKM

8.     Tanya jawab

9.     Penutup: ditutup dengan bacaan Hamdallah bersama

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan