MPASI

KAMPUNG KB BERKAH BERSAMA
Dipublikasi pada 20 January 2022

Deskripsi

Sekitar usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisi bayi mulai tidak tercukupi jika hanya berasal dari ASI. Maka dari itu, makanan pendamping ASI atau MPASI dibutuhkan untuk menjamin kebutuhan gizi anak sehingga tumbuh dengan maksimal. Selain itu, bayi yang memasuki usia ini juga sudah siap mendapatkan makanan lain secara perkembangan tubuhnya.

Makanan ini diberikan pada bayi yang sedang tumbuh dan membutuhkan tambahan zat besi, seng, dan energi dari ASI atau susu formula saja. Namun, ASI memiliki nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan harus dilanjutkan paling tidak hingga bayi berusia 12 bulan dan lebih dari itu lebih baik. Hal ini agar bayi dapat makan berbagai makanan sehat bersama anggota keluarga lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari MPASI yang diberikan, antara lain:

v  Tepat Waktu: Makanan ini diberikan bertepatan ketika kebutuhan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tidak cukup hanya dengan diberikannya melalui ASI eksklusif. Hal ini juga dapat terlihat saat Si Kecil sudah menunjukkan ketertarikan pada makanan dan sudah dapat mengangkat kepala tanpa bantuan.

v  Cukup: Memastikan untuk menyediakan energi, protein, dan mikronutrien yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yang sedang tumbuh. Beberapa nutrisi yang perlu dipenuhi adalah karbohidrat, protein hewani dan nabati, zat besi, serta zinc. Pastikan juga menyesuaikan jumlah dan tekstur sesuai dengan usia anak.

v  Aman: Ibu juga harus menyimpan dan menyiapkan semua makanan yang akan diberikan pada anak tetap higienis. Sebelumnya juga, bersihkan semua alat makan dengan sabun khusus bayi. Ada baiknya untuk menyimpan semua makanan, seperti daging dan ikan, di kulkas dengan suhu di bawah 5 derajat Celcius.

Diberikan dengan Tepat: Makanan diberikan sesuai dengan nafsu makan dan tingkat kekenyangan anak, serta penyesuaian porsi dengan usianya. Ibu juga perlu membuat jadwal yang teratur dengan tiga makanan utama dan dua camilan.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan