Lokakarya Pengembangan Rencana Kerja Pokja Kampung Keluarga Berencana Negeri/Desa/Kelurahan di Kota Ambon

Desa Batu Merah
Dipublikasi pada 12 October 2018

Deskripsi

Kegiatan lokakarya ini adalah berupa pendampingan yang dilakukan oleh Yayasan Cipta Jakarta kepada Kampung Keluarga Berencana di Kota Ambon. Yayasan Cipta sebagai fasilitator dalam pembelajaran penyusunan rencana kerja di Kampung KB menggunakan Kampung KB Smart.
Pendampingan Kampung KB dilakukan secara berjenjang baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai desa/kelurahan/negeri. Kegiatan meliputi pengembangan panduan pengelolaan Kampung Keluarga Berencana untuk tenaga lini lapangan, penguatan kapasitas, pengembangan rencana kerja dengan Kampung KB SMART dan fasilitasi advokasi ke pemegang kebijakan daerah dan desa.
Alat ini digunakan untuk membantu Pokja Kampung KB di desa/kelurahan dalam merencanakan kegiatannya sesuai kondisi, kearifan lokal, masalah yang dihadapi. Selain itu, dalam diskusi menggunakan alat ini akan membantu memetakan potensi sumberdaya yang dimiliki dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menyeleseaikan permasalahan yang dihadapi.
Program Penguatan Kampung KB tersebut juga mendorong peran aktif lintas sektor di tingkat kabupaten sampai di tingkat desa dalam integrasi berbagai program pembangunan lintas sektor di Kampung Keluarga Berencana. Salah satu strategi advokasi juga dilakukan untuk mendorong alokasi APBDesa dalam mendukung kegiatan di Kampung Keluarga Berencana.

Sesi Kegiatan Sosial Budaya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada