PEMBINAAN KETAHANAN KELUARGA
KAMPUNG KB GONGGANG, DESA KARANGUDI
Dipublikasi pada 27 May 2024
Deskripsi
Pertemuan Ketahanan Keluarga yang berbasis Kelompok Tri Bina di Kampung KB Ruang Serba Guna Dukuh Gonggang dilaksanakan di Sekretariat Kampung KB, dilaksanakan pada Rabu 28 Mei 2024.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Kesra Desa Karangudi, Ketua TP.PKK Desa Karangudi, Kader BKR, Anggota BKR sebanyak 21 orang, Koordinator Penyuluh KB dan penyuluh KB fasilitator.
Kegiatan ini bersumber dari dana BOKB Tahun 2024.
Penyampaian Materi tentang Komunikasi efektif Orang Tua terhadap remaja | |||||||||
1 | Komunikasi Efektif | ||||||||
adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara 2 orang atau kelompok | |||||||||
yang hasilnya sesuai dengan harapan. Efektifitas komunikasi sangat dipengaruhi oleh berbagai hal, | |||||||||
salah satunya adalah " barrier " antara komunikasi dan recepient. | |||||||||
2 | Pentingnya Komunikasi Orang tua Terhadap Remaja dan hambatannya | ||||||||
Hendaknya orang tua mampu memberikan informasi serta menjadi pendengar yang baik bagi remaja. | |||||||||
Sementara bagi remaja , mereka juga harus bisa menerima informasi yang diberikan dengan baik. | |||||||||
Beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua tentang dirinya agar mampu berkomunikasi dengan | |||||||||
remaja adalah : | |||||||||
a. | Orang tua harus mengenal kemampuan dan kelebihan yang dimiliki. | ||||||||
b. | Mampu meningkatkan kelebihan dan menutupi kekurangan diri. | ||||||||
3 | Hal hal yang perlu dipahami untuk mengenal remaja | ||||||||
a. | Memahami perasaan remaja | ||||||||
Untuk memahami perasaan remaja, orang tua harus menerima dulu perasaan dan ungkapan | |||||||||
remaja terutama ketika ia sedang mengalami masalah, agar ia merasa nyaman dan mau melan- | |||||||||
jutkan pembicaraan dengan orang tua. Perasaan tang sering menghinggapi remaja, yaiyu : | |||||||||
* | Perasaan negatif ( marah, mudah tersinggung, kesal , bosan, bingung, kecewa, frustasi, merasa | ||||||||
tidak diperhatikan, ragu ragu, tidak nyaman, merasa tidak dicintai. | |||||||||
* | Perasaan positif ( Berani menyampaikan gagasan, yakin pada kemampuan, senamg, berminat, | ||||||||
hebat dan percaya diri. | |||||||||
b. | Mendengar aktif | ||||||||
Sikap yang dibutuhkan dalam mendengar aktif : | |||||||||
* | Aktif dan memperhatikan bahasa tubuh dengan sungguh sungguh | ||||||||
* | Membuka diri dan siap mendengarkan. | ||||||||
* | Tidak berbicara ketika remaja sedang berbicra. | ||||||||
* | Memahami apa yang dirasakan, dipikirkan, dan dimaksud remaja sesuai dengan kacamata | ||||||||
remaja, bukan kaca mata orang tua, | |||||||||
* | Dalam mendengar aktif, orang tua seolah olah berperan seperti cermin, dengan memantul | ||||||||
kan kembali, memahami perasaan, serta mengulang isi pesan yang diungkapkan remaja. | |||||||||
Sehingga ia merasa didengar, difahami dan didukung. | |||||||||
4 | Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan Komunikasi efektif antara orangtua | ||||||||
dengan remaja | |||||||||
Sifat Orang tua yang diinginkan remaja : | |||||||||
a | Perhatian dan dukungan | ||||||||
Dengan adanya dukungan positif dari orang tua akan menambah kedekatan hubungan dan | |||||||||
memberikan penghargaan pada remaja. | |||||||||
b. | Rasa Empati | ||||||||
Remaja menginginkan rasa empati, ia membutuhkan seseorang yang penuh perhatian. | |||||||||
c | Penerimaan dan menghargai | ||||||||
Menerima segala kelebihan serta kekurangan yang dimiliki remaja, membuat remaja merasa | |||||||||
lebih dihargai, diterima dan disangi oleh orang tuanya. | |||||||||
d. | Memberi kepercayaan kepada remaja | ||||||||
Remaja perlu merasa bahwa orang tuanya mempercayai mereka sepenuhnya , baik tindakan maupun perilakunya. Kegiatan ini terlaksana dengan antusias peserta cukup baik. |
Sesi Kegiatan Pendidikan