1 | Dimensi Spiritual | | | | | |
| Hampir semua orang yang memasuki usia lanjut/ pensiun mengalami gangguan mental psikologis, |
| karena kurang siap mengalami perubahan kehidupannya, sehingga sangat diperlukan penguatan |
| dimensi spiritual. | | | | | |
| Peran kader BKL adalah ; membimbing lansia dalam mendekatkan diri kepada Tuhan, dan |
| membimbing lansia berserah diri dan ikhlas padaNya. | |
2 | Dimensi Intelektual | | | | | |
| yang dimaksud dengan intelektual adalah kemampuan seseorang dalam menerima, memahami dan |
| menyimpan informasi serta kemampuan menggunakan dan mengamalkannya sehari hari. Kondisi |
| yang dialami lansia bila terjadi penurunan intelektual adalah : gangguan persepsi, penurunan |
| konsentrasi, gangguan bahasa dalam komunikasi, penurunan daya ingat. |
| Untuk meningkatkan dan mempertahankan fungsi intektual dengan memberikan stimulasi otak |
| membaca , menulis, mengarang, bercerita rekreasi dengan keluarga, senam otak. |
3 | Dimensi Fisik | | | | | | |
| Perubahan yang terjadi pada Lansia adalah : perubahan fisik, mental, dan sosial secara alamiah |
| dengan bertambahnya usia. | | | | | |
| Perubahan Fisik : mudah lelah, pendengaran berkurang, penglihatan menurun, rambut memutih, |
| | kulit kering dan keriput. | | | | | |
| Perubahan Mental : ditandai dengan menyendiri , sulit tidur, kesedihan karena ditinggal pasangan |
| | atau orang terdekat, mudah tersinggung, depresi, dan demensia,/ pikun. |
| Perubahan sosial : ditandai dengan kecenderungan menyendiri , tidak punya gairah hidup untuk |
| | berkumpul dengan teman sebaya, keluarga besar, anak dan cucu. |
4 | Dimensi Emosional | | | | | |
| | Kondisi emosional adalah adalah keadaan psikologis meliputi aspek kemampuan berpikir, |
| | perasaan maupun sikap yang tampak melalui perilaku yang dapat diamati. |
| | Masalah Psikologis yang sering terjadi pada Lansia : kecemasan, ketakutan, mudah |
| | tersinggung rasa kesepian, hilangnya rasa percaya diri, bermimpi masa lalu , egois. |
5 | Dimensi Sosial Kemasyarakatan | | | | |
| | adalah upaya untuk membangun keluarga dan masyarakat dalam bentuk pendampingan, |
| | perawatan dan kemandirian agar mampu merawat diri dan dapat melakukan aktivitas sehari |
| | hari. | | | | | | |
| | Bentuk bentuk perlindungan bagi Lansia adalah : mengormati lansia, memperhatikan kebutuh- |
| | an dasar lansia, memberikan pelayanan sosial dalam keluarga dan masyarakat, memberikan |
| | santunan pada lanssia kurang mampu. | | | |
6 | Dimensi Profesional Vokasional | | | | |
| | Lansia potensial adalah warga lanjut usia yang masih mampu melakukan pekerjaan dan atau |
| | kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa. | |
| | Yang dimaksud profesional vokasional adalah seorang yang ahli dalam bidangnya dan sebagai |
| | mata pencahariannya menguasai ilmu pegettahuan , menjunjung tinggi etika dan integritas |
7 | Dimensi Lingkungan | | | | | |
| | Pengelompokan lingkungan untuk mewujudkan desa ramah lansia: |
| | Fisik : lingkungan bersih, sehat , alam sekitar yang aman dan nyaman |
| | Bukan Fisik : lingkungan mental spiritual dan lingkungan sosial budaya. Agar lansia dapat |
| | ketenangan batin dalam penerapan nilai nilai keagamaan. |