RAPAT PENYUSUNAN RENCANA KERJA POKJA KAMPUNG KB
Deskripsi
RAPAT
PENYUSUNAN RENCANA KERJA POKJA KAMPUNG KB (BOKB)
KECAMATAN
TAMANSARI
Rapat |
: |
Rapat Penyusunan Rencana Kerja
POKJA Kampung KB desa Sangup (BOKB) Kecamatan Tamansari |
Hari / Tanggal |
: |
Kamis / 23 Januari 2025 |
Waktu Rapat |
: |
09.00 WIB - selesai |
Tempat |
: |
Balai Desa Sangup |
Acara |
: |
1.
Pembukaan 2.
Sambutan 3.
Materi 4.
Lain – lain ( Diskusi dan Tanya jawab ) 5.
Penutup |
Peserta Rapat |
: |
1.
Pemerintah Desa Sangup 2.
POKJA Kampung KB “PUNDUNG” Desa Sangup |
Kegiatan |
: |
|
1.
Jam 09.00 Pembukaan Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars KB Doa |
||
2.
Jam 09.15 – 09.30 WIB Sambutan oleh Kepala Desa Sangup Ucapan selamat datang dan terima
kasih atas kehadiran peserta rapat POKJA Kampung KB, serta ucapan terimakasih
kepada balai penyuluh KB Tamansari atas
kehadiran dan kesediaan dalam membina kampung KB desa Sangup. Semoga dengan adanya pertemuan ini nanti kampung KB
di Sangup dapat berjalan aktif dengan
peran serta masyarakat dan pada akhirnya dapat memajukan serta
mensejahterakan masyarakat khususnya di Desa Sangup. |
||
3.
Jam 09.30 – 10.45 WIB Penyampaian Materi dari Penyuluh KB Kecamatan Tamansari (SYARIF HIDAYATULLAH,
S.Sos.) : Kampung KB dan Penyusunan Rencana Kerja POKJA Kampung
KB 1.
Definisi
Kampung KB Berkualitas : Satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat
integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan
institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber
daya manusia, keluarga, dan masyarakat. 2.
Pendanaan
Kampung KB dapat berasal dari APBDes/Kelurahan, APBD/BOKB, APBN, CSR, Gotong
Royong, atau hibah. 3. Kebijakan dan strategi pelaksanaan optimalisasi Kampung Keluarga
berkualitas merujuk pada sasaran program antara lain: -
penyediaan data dan dokumen
kependudukan; -
Peningkatan perubahan perilaku; -
Peningkatan cakupan, layanan dan
rujukan pada keluarga; -
Penataan lingkungan hidup keluarga dan
masyarakat 4. Penggerakan masyarakat pada pokja kampung KB terbagi
menjadi beberapa seksi, antara lain : -
Seksi Penyediaan Data Keluarga dan
Dokumen Kependudukan -
Seksi Perubahan Perilaku Keluarga -
Seksi Peningkatan Cakupan Layanan dan
Rujukan pada Keluarga -
Seksi Penataan Lingkungan Keluarga dan
Masyarakat 5. Langkah Kerja POKJA Kampung KB :
6. Memetakan masalah yaitu menganalisa situasi sebagai acuan
menyusun rencana kegiatan dan menentukan prioritas intervensi. Pemetaan
masalah dapat dilakukan mulai dari tingkat RT kemudian dilakukan rekap di
tingkat desa. 7. Penentuan prioritas masalah dilakukan dengan beberapa
kriteria :
8.
RKM disusun
di tingkat RW selanjutnya di tingkat desa / kelurahan. 9.
Tindak
Lanjut Penyusunan RKM yaitu RKM disusun dan disetujui oleh Pemerintah Desa/Kelurahan,
selanjutnya RKM dilaporkan oleh Penyuluh KB ke OPD KB sebagai fasilitator
untuk program OPD lainnya, selanjutbya ditindaklanjuti oleh OPD KB Kabupaten. |
||
4.
10.45 – 11.00 WIB Diskusi dan Tanya Jawab -
Bagaimana kalau rencana yang kita buat tidak terlaksana? -
Rumah Data apakah bisa mendapatkan bantuan ? -
Pembinaan UPPKA dan BKR apakah bisa dibantu
fasilitasi ? -
Tindaklanjut sekolah lansia apkah tahun ini ada ? |
||
5.
11.00 – 12.00 WIB Penyusunan Rencana Kerja
Masyarakat |
||
6.
12.00 – selesai Penutup. Ditutup dengan
bacaan Hamdallah bersama |
||
7.
Tindak Lanjut -
Penyampaian
informasi terkait kampung KB dan RKM ke masyarakat -
Melaksanakan
kegiatan di kampung KB |