RAPAT PENCATATAN PELAPORAN POKJA KAMPUNG KB "PUNDUNG"
Deskripsi
RAPAT PENCATATAN
PELAPORAN POKJA KAMPUNG KB "PUNDUNG"
DESA SANGUP KECAMATAN TAMANSARI (BOKB)
Waktu Rapat |
: |
09.00 WIB – selesai |
Tempat |
: |
Balai Desa Karanganyar |
Acara |
: |
1. Pembukaan 2. Sambutan 3. Materi 4. Lain – lain ( Diskusi dan Tanya jawab ) 5. Penutup |
Peserta Rapat |
: |
1. Pemerintah Desa Jipangan 2. POKJA Kampung KB 3. Pengurus Rumah Dataku Kampung KB 4. Pengelola Data Desa |
Kegiatan |
: |
|
1. Jam 09.00 – 09.15 WIB Registrasi
peserta |
||
2. Jam 09.15 – 09.30 WIB Pembukaan Menyanyikan lagu
Indonesia Raya, Mars KB Doa |
||
3. Jam 09.30 – 09.35 WIB Sambutan oleh
Kepala Desa |
||
4. Jam 09.35 – 10.45 WIB Penyampaian
Materi dari Penyuluh KB Kecamatan Tamansari : Pencatatan Pelaporan POKJA
dan Pengelolaan Rumah DataKu Berbasis Teknologi Informasi Rumah Dataku
adalah kelompok kegiatan (Poktan) masyarakat yang melaksanakan kegiatan
pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data
kependudukan dan keluarga serta pembangunan di tingkat desa/kelurahan. Bentuk
Rumah Dataku adalah Kelompok Kegiatan Berbasis masyarakat
yang bersifat fungsional dalam rangka penyediaan data
kependudukan yang valid dan terbarukan. Melalui skema Dari, Oleh dan
Untuk Masyarakat. Adapun Kedudukan
Rumah DataKu Kelompok kegiatan yang berdiri sendiri. Namun pada
pelaksanaannya merupakan bagian dari sistem pembangunan
kependudukan, yang produknya dapat dimanfaatkan oleh stakeholder
(pemerintah, masyarakat sipil atau swasta) untuk meningkatkan
akurasi intervensi program pembangunan masyarakat. Terdapat 5
Kegiatan Pokok Rumah DataKu yaitu: 1. Pengumpulan dan Updating Data 2. Pengolahan Data 3. Analisis Data 4. Penyajian Data 5. Pemberian Masukan atas Temuan yang Dianggap Penting dan Perlu
Ditindaklanjuti Dalam
penyelenggaraan Kampung KB, peranan Rumah DataKu adalah sebagai berikut: Ditinjau dari
klasifikasinya terdapat 5 aspek yang diperlukan dalam Rumah DataKu yaitu: 1. Orientasi Pengurus 2. Sarana dan Prasarana 3. Bentuk Penyajian Data 4. Ketersediaan Data 5. Pemanfaatan Data Dalam Penyelenggaraannya, diperlukan beberapa Data
Potensi Desa yang mencakup: 1. Data Kependudukan a. Penduduk Per Kelompok Umur b. Jumlah Kk c. Penduduk Menurut Jenis Kelamin d. Pus, Wus e. Pus Hamil f. Penduduk Berdasarkan Usia Perkawinan g. Dll 2. Luas Wilayah 3. Jumlah Rw 4. Jumlah Rt 5. Data Poktan (Bkb, Bkr, Bkl, Uppka, Pik-R) 6. Data Posyandu (Tingkat) 7. Data Sekolah (Jenjang, Jenis, Status Akreditasi, Alamat) 8. Data Jalan (Panjang, Kondisi) 9. Bencana 10. Fasilitas Umum /
Rekreasi 11. Fasilitas
Kesehatan 12. Fasilitas Ibadah 13. Pasar 14. Jumlah Anak
Stunting/ Gizi Buruk 15. Program Unggulan Selain Rumah DataKu, terdapat Website dalam
pengelolaan Kampung KB yang disebut Website Kampung KB. Website ini mewadahi
pelaporan kegiatan dan data seluruh Kampung KB yang dapat diakses serta
dilengkapi secara berkala untuk menunjang status klasifikasi Kampung KB. Kampungkb.bkkbn.go.id password : password Melalui Website ini dapat dilakukan update data
profil Kampung KB dan melengkapi status kampung KB termasuk foto kegiatan
yang dilengkapi dengan laporan/ringkasan kegiatan yang dilaksanakan. Dalam
melakukan update dapat dilengkapi: 1. Judul Kegiatan 2. Tanggal 3. Tempat 4. Deskripsi 5. Seksi Kegiatan 6. Kategori Kegiatan 7. Peserta Kegiatan 8. Instansi 9. Dokumentasi Kegiatan |
||
5. 10.45 – 11.00 WIB Diskusi dan Tanya
Jawab - Penunjukkan perwakilan penanggungjawab upload
kegiatan rutin - Apakah harus ada perwakilan RT yang melakukan
pelaporan data? Atau 1 petugas per desa |
||
6. 11.00 – 12.00 WIB Latihan pengisian kegiatan di Website Kampung KB dan
aplikasi Rumah Dataku Pengumpulan data untuk melengkapi Web Rumah Dataku
dari Desa |
||
7. 12.00 – selesai Penutup. Ditutup
dengan bacaan Hamdallah bersama |
||
8. Tindak Lanjut - Pengecekan kelengkapan data desa untuk
melengkapi data dinding - Monitoring pengisian data di Rumah Dataku - Monitoring pelaporan kegiatan di Web Kampung
KB |