Gambaran Umum
DESA KEPENUHAN HILIR
KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU PROV. RIAU
A. Profil Desa Kepenuhan Hilir
Desa Kepenuhan Hilir merupakan wilayah Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Luas Wilayah Desa Kepenuhan Hilir 8.960 Ha, yang terdiri dari Pemukiman 2000 Ha, Pertanian/Perkebunan 4000 Ha, eKebun Kas Desa 12 Ha, Perkantoran 3 Ha, Sekolah 1,5 Ha, Jalan 41 Km, Lapangan Bola Volly dan Bola Kaki 1,5 Ha, Pustu 3000 M2, Koperasi Unit Desa 741 Ha, Lahan Sarana Persiapan Lainnya 15 Ha. Jumlah penduduk Desa Kepenuhan Hilir pada Tahun 2023 berjumlah 1657 Jiwa yang terdiri dari 951 jiwa penduduk laki-laki dan 907jiwa penduduk perempuan, dari 524KK.
Desa Kepenuhan Hilir merupakan Desa yang rawan terkena banjir, sebab Desa Kepenuhan Hilir berada pada tepian sungai Rokan. Desa Kepenuhan Hilir berada diujung Kecamatan Kepenuhan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Kunto Darussalam dan Kecamatan Bonai Darussalam.
B. Kondisi Desa Kepenuhan Hilir Sebelum Pelaksanaan Dana Desa
Pada awalnya Desa Kepenuhan Hilir merupakan Desa tertinggal, pembangunan yang kurang dan pendidikan yang kurang memadai. Setiap tahunnya Desa Kepenuhan Hilir dilanda banjir dan ini menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi masyarakat yang mempunyai mata pencahariannya bertani.
C. Kondisi Desa Kepenuhan Hilir Setelah Pelaksanaan Dana Desa
1) Pembaharuan Desa Kepenuhan Hilir
Seiring berjalannya waktu Desa Kepenuhan Hilir semakin maju, dan termasuk Desa yang diperhitungkan di Kecamatan Kepenuhan. Pembangunan di Desa Kepenuhan Hilir sudah semakin pesat, jaringan Internet (WIFI) Desa sudah bisa diakses ini dapat menunjang berbagai kebutuhan warga Desa Kepenuhan Hilir. Pembangunan yang transparan dapat dirasakan oleh warga Desa Kepenuhan Hilir saat ini.
2) Pelayanan di Desa Kepenuhan Hilir
Pelayanan di Desa Kepenuhan Hilir sudah semakin membaik, pada tahun sebelumnya Kantor Desa Kepenuhan Hilir buka hanya 2 hari dalam seminggu dan jam operasionalnya hanya dari jam 8:00 – 12:00, namun sekarang sudah lebih baik dari tahun sebelumnya Kantor Desa buka dari hari senin-Jum’at dan jam operasional nya dari jam pagi 08:00-12 s/d 12:00 dan siang 14:00 s/d 16:00. Sekarang warga jadi lebih mudah untuk mengurus segala keperluannya dalam setiap harinya karna pengoperasian kantor Desa sudah lebih lama dibandingkan tahun sebelumnya.
3) Kelembagaan yang dimiliki Desa Kepenuhan Hilir
a. LPMD
b. PKK
c. Posyandu
d. Pengajian
e. Arisan
f. Simpan Pinjam
g. Kelompok Tani
h. Gapoktan
i. Karang Taruna
j. Arisan Masyarakat
k. Ormas/LS
4) Partisipasi Masyarakat Terhadap Desa Kepenuhan Hilir
Pada awalnya Pembangunandi Desa Kepenuhan Hilir kurang memadai, setelah adanya Dana Desa Pembangunan di Desa Kepenuhan Hilir sangat jauh berkembang dari sebelumnya. Setiap tahun nya Desa Kepenuhan Hilir selalu mengadakan musrenbang untuk Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) agar pembangunan semakin lebih baik dan menemukan hal-hal yang menjadi prioritas pertama di Desa Kepenuhan Hilir
5) Musyawarah Desa partisipatif
Proses musyawarah pembangunan desa dilakukan secara partisipatif dengan menyerahkan kepada dusun dan kelompok-kelompok masyarakat untuk memberikan usulan kebutuhan program-program untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Desa tidak “menguasai” program dan kegiatan, fungsinya memfasilitasi proses musyawaraah di masyarakat dan menyesuaikan dengan panduan dari kabupaten.
6) Keterbukaan Informasi Pembangunan dan Anggaran Desa
Transparansi pembangunan di Desa Kepenuhan Hilir juga dikembangkan dengan memasang baliho yang menginformasikan tentang informasi pembangunan dan anggaran Desa. Contoh baliho di Desa Desa Kepenuhan Hilir adalah sebagai berikut:
7) Pembangunan Desa yang Berperspektif Gender
Transparansi anggaran di Desa Kepenuhan Hilir menguntungkan kaum perempuan. Berdasarkan hasil analisis terhadap APBDesa Kepenuhan Hilir dari tahun 2015 s.d. 2023 menunjukkan bahwa anggaran responsif gender sudah menunjukkan keberpihakan yang relatif baik, meskipun masih perlu upaya-upaya untuk peningkatan alokasi anggaran sesuai dengan kebutuhan kelompok marginal.
PEMBANGUNAN DESA DAN PENGGUNAAN DANA DESA
Dana desa telah merubah wajah Desa Kepenuhan Hilir. Pembangunan Desa melahirkan sarana/prasarana Desa yang memudahkan masyarakat Desa meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun terpenuhinya pelayanan dasar, mulai pendidikan, kesehatan, dll. Dampak lanjutanya adalah soal kesejahteraan. Inilah yang sesungguhnya yang dicapai dengan Dana Desa. Konsep utama yang hendak dikembangkan dengan Dana Desa ini adalah demokrasi di Desa Kepenuhan hilir, baik soal transparansi dan akuntabilitas, juga harus berbanding lurus dengan kesejahteraan. Hasil penggunaan Dana Desa adalah sebagai berikut:
1. Bidang Pendidikan
Alokasi Dana Desa untuk pembangunan PAUD dan TK telah memberi ruang bagi anak-anak Desa Desa Kepenuhan Hilir untuk mengeyam pendidikan sejak dini. Dan ini adalah investasi yang dilakukan desa. Dana desa telah membangun PAUD di tiga tempat dan satu TK di Desa Kepenuhan Hilir, dimana setiap PAUD rata-rata siswanya mencapai rata-rata 20 anak didik dan TK rata-rata mencapai 30 anak didik.
2. Bidang Budaya
Tak hanya itu, untuk membangun karakter yang kuat bagi warganya, bidang-bidang kebudayaan juga disentuh oleh Desa ini dengan Dana Desa. Berkah adanya Dana Desa adalah bahwa Desa akhirnya mengalokasikan pembangunan Balai Budaya sebagai tempat interaksi masyarakat dan tempat melestarikan tradisi yang dimiliki. Balai Budaya ini menjadi tempat bertemunya segala lapisan masyarakat untuk membicarakan tentang Desa mereka.
3. BUMDESA Maju Bersama
Dari sisi kesejahteraan, Dana Desa secara nyata juga telah mensejahterakan masyarakat. Dana Desa mampu menciptakan peluang-peluang kerja yang tak pernah terpikirkan sebelum adanya Dana Desa. BUMDESA adalah contoh yang paling bisa diukur.
Statistik Kampung
Jumlah Jiwa 0
Jumlah Kepala Keluarga 0
Jumlah PUS 104
Keluarga yang Memiliki Balita 0
Keluarga yang Memiliki Remaja 0
Keluarga yang Memiliki Lansia 0
Jumlah Remaja 0
Total
0Total 0
Status Badan Pengurus

Sarana dan Prasarana

BKB
Bina Keluarga Balita (BKB)
Ada

BKR
Bina Keluarga Remaja (BKR)
Ada

BKL
Bina Keluarga Lansia (BKL)
Ada

UPPKA
Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA)
Ada

PIK R
Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R)
Ada

Sekretariat KKB
Sekretariat Kampung KB
Ada

Rumah Dataku
Rumah Data Kependudukan Kampung KB
Ada
Dukungan Terhadap Kampung KB
Sumber Dana |
Ya,
APBD |
Kepengurusan/pokja KKB | Ada |
SK pokja KKB | Ada |
PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan |
Ada,
yusnidarwati 196818021990032002 |
Regulasi dari pemerintah daerah |
Ada,
SK Kepala Desa/Lurah tentang Kampung KB |
Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB | Ada |
Jumlah anggota pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB |
6 orang pokja terlatih dari 35 orang total pokja |
Rencana Kegiatan Masyarakat | Tidak Ada |
Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan | Belum Diisi |
Mekanisme Operasional
Rapat perencanaan kegiatan | Ada, Frekuensi: Bulanan |
Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan | Ada, Frekuensi: |
Sosialisasi Kegiatan | Ada, Frekuensi: Bulanan |
Monitoring dan Evaluasi Kegiatan | Ada, Frekuensi: Triwulan |
Penyusunan Laporan | Ada, Frekuensi: Bulanan |