Kursus Manajemen Kelompok Tani Tk. Desa di Kelompok

Desa Tuhuran
Dipublikasi pada 17 April 2018

Deskripsi

Kursus Manajemen Kelompok Tani Tk. Desa di Kelompok "Rawa Subur" di Kampung KB desa Tuhuran oleh UPT Pertanian Kec. Haur Gading pada hari selasa tanggal 17 April 2018. 


    Dalam proses pencapaian tujuan suatu organisasi, perlu adanya manajemen, karena manajemen merupakan sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang-orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi. Artinya, perlu diberikan bimbingan karena tidak semua terampil dalam melaksanakan kegiatan organisasi. Cara yang digunakan untuk membimbing bergantung pada kebijakan dan keinginan pemimpin, seperti pekerja yang kurang terampil diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya. Organisasi/kelompok tani merupakan bagian atau kesatuan dari masyarakat petani yang hidup dan tinggal bersama dalam lingkungan sosial yang terbentuk untuk mencapai suatu tujuan yang didalamnya tidak bekerja secara individu, melainkan secara berkelompok dengan memiliki kesadaran untuk saling tolong menolong. Organisasi/kelompok tani dapat dibentuk secara swadaya oleh masyarakat maupun atas dasar kepentingan kebijakaan dari pemerintah melalui dinas pertanian.

    Pengelolaan sumber-sumber daya tentu membutuhkan manajeman yang baik. Untuk mencapai tujuan dari kelompok. Oleh karena itu, kelompok tani sangat memerlukan manajemen untuk mengolah pertanian agar lebih bekembang. Dalam upaya memberdayakan petani diperlukan pengolahan kelompok yang dilakukan dari, oleh dan untuk petani. Dalam manajemen terdapat beberapa fungsi utama yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan penilaian. Manajemen sangat diperlukan untuk mengatur kelompok tani dalam melakukan/mengambil keputusan dalam berorganisasi.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan