Pelatihan Nugget Ikan

Majiko Daloha
Dipublikasi pada 22 November 2019

Deskripsi

Pelatihan Nuget Ikan
Daeo Majiko cukup dikenal karena keberadaan SKPT (Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu) yang lokasinya berada di ujung desa. Ikan Tuna sebagai primadona pada SKPT ini bahkan telah menjadi salah satu komoditi ekspor bagi Kabupaten Pulau Morotai.
Pelatihan pembuatan nuget ikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kaum ibu di Desa Daeo Majiko dalam mengolah tuna menjadi produk yang bervariasi namun tetap  enak, menarik dan disukai oleh anak-anak. Karena sejauh ini masyarakat mengkonsumsi ikan tuna hanya dengan cara dibakar,digoreng atau dibuat ikan kuah. Sehingga apabila tangkapan tuna melimpah, tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama karena masih terbatas dalam pengolahannya.   Dengan mengetahui cara membuat nuget diharapkan tumbuh kreativitas ibu-ibu dalam mengolah pangan dari bahan dasar ikan sehingga bertambah minat anak untuk mengkonsumsi ikan yang tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan otak .
Selain itu  diharapkan pula  dapat membuka peluang usaha rumahan bagi ibu-ibu, melalui kelompok UPPKS di Kampung KB. Pelatihan ini diikuti oleh 10 orang peserta dan dengan narasumber Ibu Julita Kampohiang, yang adalah seorang Pengusaha Kuliner.
Para peserta nampak antusias karena bagi mereka ini adalah pengalaman pertama mereka mengikuti kegiatan pengolahan ikan tuna yang mudah dan murah untuk  diaplikasikan.
 


Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada