PAKEMBINANGUN REMBUG STUNTING

PAKEMBINANGUN
Dipublikasi pada 13 June 2024

Deskripsi

Kalurahan Pakembinangaun menyelenggarakan kegiatan Rembug stunting untuk merencanakan kegiatan terkait penanganan stunting di tahun 2025. Acara ini dilaksanakan di hari Jum'at (106/2014) di aula Kalurahan Pakembinangun.

Penjabat Lurah Pakembinangun, Sunardi S.I.P., M.A.P. dalam sambutannya menberikan apresiasi terhadap kader kesehatan. Beliau juga menyampaikan kegiatan serentak pencegahan stunting, apalagi Kalurahan Pakembinangun ternasuk tinggi angka stuntingnya. Semoga kita mendapatkan arah kebijakan dalam menurunkan angka stunting.

 Panewu Pakem menyampaikan bahwa dua isu yang menjadi fokus yaitu masalah kemiskinan dan stunting. Anak-anak sekarang sudah tercukupi gizinya. Namun kita tetap dituntut untuk tetap mencukupi gizi anak-anak. Usulan-usulan kegiatan bisa disampaikan yang nantinya akan dimasukkan dalam perencanaan RKP Kalurahan Tahun Anggaran 2025.

Sesi berikutnya yaitu penyampaikan materi oleh nara sumber, Wahyu Dwi Sulistyo yang merupakan Pendamping Desa/Kalurahan.

Beliau menyampaikan maksud tujuan Rembug Stunting. Menjadi tahapan Perencanaan RKP Kal, sebagai forum musyawarah, dan percepatan penanganan dan penurunan stunting.

Salah satu prioritas Dana Desa untuk penanganan stunting sesuai amanat Kemendesa PDTT no. 7 tahun 2023.

Banyak faktor yang memperngaruhi stunting. Jadi harus ada intervensi spesifik, sensitif, tata kelola Percepatanan & Penurunan angka stunting sesuai dengan kebutuhan dan kewenanga desa.

Nara sumber berikutnya dari Puskesmas, disampaikan oleh Anisa meyampaikan situasi terkini stiunting tahun 2023 sebesar 12,4 di Sleman dan Pakembinangun 10,51. Di Pakembinangun pada dasarnya trend nya mulai membai namun masih menjadi target untuk diturunkan angka faktor penyebab stunting.

Acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB berjalan lancar hingga selesai. 

Sesi Kegiatan Lainnya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan