Pelaksanaan Germas

TUMBANG RUNGAN
Dipublikasi pada 06 October 2023

Deskripsi

7 Langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

 

Salah satu langkah pelaksanaan Germas yang dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas yang dilaksanakan oleh Dinkes melalui Puskesmas Pahandut  di Kelurahan Tumbang Rungan yaitu mengadakan penyuluhan tentang pentingnya mengkonsumsi buah dan sayuran, sebagai  bentuk konkret pelaksanana kegiata tersebut, Puskesmas pahandut memberikan bantuan bibit Buah dan sayuran kepada masyarakat di Keluahan Tumbang Rungan

Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik          
    Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik; baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga  
  2. Makan Buah dan Sayur   
    Keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya waktu untuk makan buah dan sayur yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.            
  3. Tidak Merokok      
    Merokok merupakan kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan. 
  4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol  
    Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok; baik itu efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang – orang di sekitarnya.
  5. Melakukan Cek Kesehatan Berkala     
    Salah satu bagian dari arti germas sebagai gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan.
  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan         
    Bagian penting dari germas hidup sehat juga berkaitan dengan meningkatkan kualitas lingkungan; salah satunya dengan lebih serius menjaga kebersihan lingkungan.
  7. Menggunakan Jamban     
    Aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat; salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran.


Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan