SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA

TUMBANG RUNGAN
Dipublikasi pada 06 March 2023

Deskripsi

SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA

 

Sosialisasi anti narkoba Kepada masyarakat di Kampung Keluarga berkualitas Kelurahan Tumbang Rungan  oleh BNN Kota Palangka Raya..

Apa sih Narkoba itu? Narkoba adalah zat-zat alami maupun kimiawi yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisap, sedot) maupun secara injeksi/suntikan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang.

Adapun jenis-jenis narkoba, yaitu:

1.      Ganja (cannabis sativa) menyebabkan penggunanya ingin makan terus serta membuat perasaan tenang

2.      Shabu (ampethamin) menyebabkan penggunanya kuat dan merasa kenyang

3.      Ecstasy, jenis ini sering digunakan di tempat hiburan malam

4.      Tembakau Cap Gorilla membuat penggunanya berhalusinasi

5.      Flakka membuat pengguna jadi seperti zombie

6.      Jamur Tahi Sapi (Magic Mushroom)

7.      Obat daftar G

 

Adapun strategi operasional penanganan permasalahan narkoba yaitu:

1.      Pencegahan: Membangun kemampuan dan ketahanan diri masyarakat dalam menghadapi pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

2.      Pemberantasan: Mengungkap dan menindak sindikat kejahatan narkoba dengan menghukum berat dan menyita aset hasil kejahatan narkoba.

3.      Rehabilitasi: Memulihkan pecandu narkoba dari ketergantungan/kecanduan narkoba supaya kembali hidup sehat dan produktif.

Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para remaja (pelajar) tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak buruk yang dapat ditimbulkan serta meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa.Siswa SMA Pancabudi mendapatkan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika, mendapat informasi bagaimana membangun ketahanan diri melalui tiga unsur pokok, yakni self-regulation, assertiveness dan reaching-out.

 

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan